HomePojok LirboyoPelatihan Membuat Sabun dan Shampo

Pelatihan Membuat Sabun dan Shampo

0 0 likes 794 views share

LirboyoNet, Kediri – Selasa pagi hingga Rabu sore (17-18/10) kemarin, puluhan santri Pondok Pesantren Lirboyo menikmati hari yang wangi. Ini karena mereka sedang mengikuti “Short Course Cara Membuat Sabun dan Shampoo”. Penyelenggaranya adalah Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kediri. Pelaksanaannya dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama, yakni pukul 10.30-12.00 WIs diperuntukkan bagi santri putri. Sementara santri putra mendapat jatah waktu pukul 13.30 WIs-15.00 WIs.

Pada hari pertama, setelah beberapa materi disampaikan, Bapak Agus Tri Widodo selaku pemateri mengajak semua peserta untuk menjalankan proses pembuatan sabun bersama-sama. Mulai dari pencampuran bahan, pemberian warna, hingga penuangan sabun pada cetakan.

Di sela-sela penjelasan, banyak istilah-istilah yang digunakan nampak asing di telinga para santri. Wajar saja, karena memang di kurikulum pesantren jarang ditemukan pelajaran-pelajaran sains semacam kimia maupun fisika. Karena itu, kegiatan ini dapat menjadi penambah wawasan santri akan ilmu-ilmu di luar pesantren.

Di hari kedua, para santri giliran mendapat pengetahuan tentang cara memproduksi shampoo. Caranya pun relatif mudah, sama ketika mereka mempraktekkan pembuatan sabun di hari sebelumnya.

Bapak Teguh Suwito S. Sos, perwakilan dari Dinas Koperasi menegaskan, Dinas Koperasi berusaha untuk memberikan pelatihan skill kepada masyarakat Kota Kediri, termasuk para santri Lirboyo. “Paling tidak, jika mereka sudah mempunyai skill dan bekal, kesempatan untuk berwirausaha semakin lebar,” kata beliau.

Keinginan pemerintah ini diamini oleh jajaran pimpinan Pondok Pesantren Lirboyo. Sumbangan berupa alat produksi sabun dan shampo dari Dinas Koperasi dan UMKM ini akan dimanfaatkan oleh para santri dalam waktu segera. ][