HomePojok LirboyoKuliah Umum: Peran Strategis Santri Di Negara Demokrasi.

Kuliah Umum: Peran Strategis Santri Di Negara Demokrasi.

0 1 likes 296 views share

Kuliah Umum Kebangsaan yang diselenggarakan pagi hari di Aula Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri kembali diselenggarakan pada Ahad pagi (14/07). Mahasantri Mahad Aly Lirboyo menyimak materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. M. Mahfudz MD.

Dalam Kuliah Umum tersebut Prof. Mahfudz mengutarakan sejarah berdirinya NKRI, mulai dari Kongres Sumpah Pemuda yang menyatukan Bangsa Indonesia, sampai rapat yang menentukan negara ini menjadi Federal atau Republik.

‘Peran Strategis Santri Di Negara Demokrasi’ yang menjadi Tema Kuliah Umum pagi itu diharapkan menjadi motivasi dan pembelajaran Mahasantri dalam mengenal kembali arti Kebangsaan dan Demokrasi di Indonesia.

“Saudara ambil semua bidang ilmu,” menurut beliau, “Karena Santri sekarang mau berperan apa saja, anda tinggal memilih. Dulu, kan, ndak boleh. Sekarang anda yang tentukan peran yang tepat untuk anda. Tidak bisa saya tentukan,” lanjut beliau. “Karena setiap orang mempunyai spesifikasi dan keinginan. Passion anda apa, ambil dan kembangkan.” Pungkas beliau setelah ditanya perihal peran apa yang cocok untuk para santri untuk negara.

Acara selesai pukul 13:10 setelah sesi dialog antara Prof. Mahfudz dan Mahasantri di penghujung acara.[]

Simak selengkapnya di YouTube Pondok Lirboyo