Haul Ke-2 KH. M. Ma’ruf Zainuddin Lirboyo

Haul Ke-2 KH. M. Ma’ruf Zainuddin Lirboyo

Lirboyo.net – Ramadan ke-16, hari rabu sore kemarin(27/03/2024), ratusan santri Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah Lirboyo bersama-sama memperingati haul ke-2 Almarhum Almaghfurlah KH. M. Ma’ruf Zainuddin di Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah Lirboyo Kediri. Dalam acara itu, turut hadir pula sejumlah tamu undangan dengan perkiraan lebih dari 1000. Tercatat undangan yang tersebar mencapai 1200.

Haul Ke-2 Almarhum Almaghfurlah KH. M. Ma’ruf Zainuddin

Semenjak meninggalnya Almarhum Almaghfurlah KH. M. Ma’ruf Zainuddin, Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah Lirboyo diasuh oleh istri beliau, yakni Umi Nyai Hj. Aina ‘Ainaul Mardliyyah Anwar. Sedangkan putra beliau yang bernama Agus H. M. Shofaul Huda sekarang menjabat sebagai ketua pondok Ar-Risalah. Acara haul ke-2 ini mulai pada pukul 16.00 Wis sampai maghrib, sekaligus mengadakan acara buka bersama para tamu undangan yang hadir sore itu.

Diantara tamu undangan yang hadir di acara haul ke-2 ini adalah Masyayikh & Dzurriyah Pondok Pesantren Lirboyo, wali santri, alumni, dan para pengurus pondok pesantren Lirboyo. Turut hadir pula beberapa aparat pemerintah seperti Bapak Dandim (Komandan Komando Distrik Militer) kota Kediri, Kapolsek Mojoroto, Kapolsek kota Kediri, dsb. RMI putri kota Kediri juga ikut hurmat acara haul ke 2 ini.

Pembacaan sholawat dan surat Al-Ikhlas oleh para santri Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah menjadi pembuka acara haul ke-2 Almarhum Almaghfurlah KH. M. Ma’ruf Zainuddin. Kemudian acara selanjutnya diisi dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran yang disenandungkan oleh santri-santri pondok pesantren Ar-Risalah. Pembacaan tahlil & doa bersama yang di imami oleh KH. An’im Falahudin Mahrus (membaca surat Yasin) & KH. M. Anwar Manshur menempati acara yang ketiga.

Sambutan atas nama Shohibul Bait kali ini disampaikan oleh KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus. Beliau menyampaikan sambutan cukup singkat. Dalam sambutannya beliau sisipkan sebuah doa untuk keluarga Almarhum Almaghfurlah KH. M. Ma’ruf Zainuddin dan untuk para santri putra putri pondok pesantren Ar-Risalah. Kemudian untuk Mauidzoh Hasanah haul ke-2 ini disampaikan oleh Ketua MUI Pusat, KH. Anwar Iskandar. Sembari menunggu adzan maghrib, para jamaah mendengarkan dengan khidmat apa yang disampaikan oleh beliau. Selepas Mauidzoh Hasanah selesai, acara buka bersama menjadi hal yang telah dinanti-nantikan oleh para tamu undangan yang hadir akhirnya telah tiba.

Mauidzoh Hasanah KH. Anwar Iskandar

Secara umum, KH. Anwar Iskandar menyampaikan bahwa “melestarikan & memperjuangkan pondok pesantren termasuk dari Sunnatulloh. Sebab, semenjak dahulu Allah Swt telah mendidik dan mengajarkan Nabi Adam As beberapa hal. Sebagaimana yang tertera dalam surat Al-Baqarah ayat 31. Begitu pula, Allah Swt juga mendidik dan mengajar Nabi Muhammad Saw yang terepresentasi dari surat Al-‘Alaq ayat 1. Yakni Iqra’. Dan ajaran ini juga masih diteruskan oleh para Ulama hingga sekarang ini.” Kiranya begitulah tutur beliau.

Dalam Mauidzoh Hasanah-nya beliau juga mengutip maqolah Imam Al-Ghazali yang berbunyi :

حَيَاةُ الفَتَى واللهِ بِالْعِلْمِ وَالتُّقَى # إذَا لَمْ يَكُونَا لَا اعْتِبَارَ لِذَاتِهِ

Hakikat anak muda hidup, hakikat eksistensi pemuda itu karena dalam dirinya ada 2 hal. Pertama, Bil ‘Ilmi (dengan ilmu), yakni karena ada ilmunya. Kedua, Wat Tuqo (Takwa), yakni karena takwanya. Takwa itu nanti yang akan melahirkan orang yang beribadah Takwa itu nanti yang akan melahirkan orang beriman. Takwa itulah yang nanti akan melahirkan orang ber-Akhlakul Karimah.” Tutur beliau saat menterjemahkan sembari menjelaskannya.

Beliau juga menjelaskan bahwa “Haul Mbah Yai Ma’ruf niki mengingatkan kepada kita betapa pentingnya arti kelestarian dari sebuah perjuangan. Mugi-mugi pesantren meniko tansah diparingi kemudahan-kemudahan dan pertolongan dari Allah Swt .”tutur beliau sebelum menutup Mauidzoh Hasanah sore itu.

Tonton Siaran Ulang Haul Ke-2 Almarhum Almaghfurlah KH. M. Ma’ruf Zainuddin : Klik Di Sini

Baca Juga : Khataman Pengajian Kitab Shohih Muslim

Jangan Lupa Kunjungi Media Sosial Pondok Pesantren Lirboyo : InstagramFacebookYoutube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.