Khataman Pengajian Kitab Shohih Muslim

Khataman Pengajian Kitab Shohih Muslim

Lirboyo.net – Mengaji, sebagai aktifitas yang seolah tak dapat dipisahkan dari santri. Mengisi waktu dengan mengaji kutubussalaf kepada masyayikh memiliki kenangan tersendiri, apalagi bila dapat mengikutinya dari awal sampai khatam. Tidak hanya sebagai sarana tholabil ‘ilmi, mengaji juga bisa menjadi media tabarruk serta ngalap berkah.

Khataman Kitab Shohih Muslim

Rabu pagi hari ini (27/03/2014) Kitab Shohih Muslim yang dibacakan oleh para Masyayikh Pondok Pesantren Lirboyo alhamdulillah dapat dikhatamkan. Khataman kali ini dibacakan dan didoakan langsung oleh pengasuh pondok Lirboyo KH. M. Anwar Manshur. Suasana khidmat menyertai para santri yang tengah mengikuti khataman. Kitab tersebut khatam dalam jangka waktu hampir satu bulan (tepatnya 29 hari). Mulai dari 18 Sya’ban 1445 H hingga 17 Ramadan 1445 H. Turut hadir pula beberapa masyayikh pondok pesantren Lirboyo. Diantaranya KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus, KH. Athoillah S. Anwar, Agus HM. Ali Ya’lu Anwar, dan Agus HM. Yasin MK.

Antusiasme santri untuk mengikuti khataman kitab Shohih Muslim begitu terasa. Para santri datang lebih awal demi ikut khataman Sohih Muslim ini. Mereka duduk beralaskan sajadah atau alas seadanya di sekitar serambi masjid agung Lawang Songo. Mereka mendengarkan dan mencatat makna yang dibacakan Romo Yai dengan sungguh-sungguh. Suasana sakral kala mencatat makna yang dibacakan romo yai begitu kental.

Ke-rawuh-an KH. M. Anwar Manshur

Ketika romo yai Anwar rawuh, beliau langsung membacakan makna untuk para santri. Beliau membaca mulai dari Bab Fi Tahrimi Nuzulil Khomr­ hingga khatam. Setelah itu, beliau membacakan sanad kitab Shohih Muslim mulai dari beliau hingga ke pengarangnya langsung, yakni  Imam Abu Al-Husain Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim Al-Qusyairi An-Naisabury. Secara tidak langsung ini juga menegaskan bahwa sanad kitab Shohih Muslim yang dibacakan di Pondok Lirboyo masih sambung hingga ke pengarangnya.

Kemudian, khataman kitab Shohih Muslim yang terlaksana mulai dari pukul 09.00 WIs pagi ditutup dengan lantunan doa yang di panjatkan langsung oleh Romo KH. M. Anwar Manshur. Diantara doa yang beliau panjatkan pagi ini adalah :

“اللهم ارْزُقْنَا الْقِرَاءَةَ يَا اَللهُ”

Ya Allah, karuniakanlah kami rezeki dapat membaca (& Memahami Kitab Shohih Muslim)

Doa ini jika kita jabarkan akan luas sekali maknanya. Pada intinya beliau juga mendoakan para santri agar mendapat kemudahan dalam membaca, memahami, mendalami, serta mengamalkan apa yang ada dalam kitab yang Tengah beliau khatamkan pagi ini (Shohih Muslim).

Salam dan Sungkem Masyayikh Lirboyo

Selepas doa terpanjatkan oleh romo yai, para santri yang hadir di khataman pagi tadi, melaksanakan mushofahah (salaman & sungkem) secara tertib kepada para masyayikh pondok pesantren lirboyo yang hadir. Kemudian setelah mushofahah selesai, para masyayikh Kembali ke dalem beliau masing-masing. Dengan adanya mushofahah (salaman & sungkem) kepada para masyayikh pondok Lirboyo ini membuat kataatan para santri kepada kyai akan semakin meningkat. Sehingga mereka menjadi mudah untuk diarahkan dalam meraih ridho guru. Dan semua yang hadir pagi tadi merasa marem (puas diri) karena bisa mengikuti khataman kitab Shohih Muslim dari awal sampai selesai.

Tonton Live Streaming Khataman Shohih Muslim : Klik disini

Galeri Khataman Kitab Shohih Muslim





Baca Juga : Ragam Pengertian Puasa, Sejarah dan Keistimewaan Ramadhan

Jangan Lupa Kunjungi Media Sosial Pondok Pesantren Lirboyo : InstagramFacebookYoutube.

One thought on “Khataman Pengajian Kitab Shohih Muslim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.