Keinginan Habib Syech Mondok di Lirboyo dalam Acara Lirboyo Bersholawat

Kediri, (28/01/2024) – Dalam rangka memperingati Haul dan Haflah Akhirussanah Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadiaat, di Pondok Pesantren Lirboyo diadakan acara Lirboyo Bersholawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf dari Solo.

Acara ini diselenggarakan di Lapangan Barat Aula Al-Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, pada Sabtu malam Ahad, 16 Rajab 1445 Hijriah / 27 Januari 2024 Masehi. Sholawatan ini dimulai pada pukul 19.00 WIB.

Sebelum acara dimulai, di sore harinya Pondok Lirboyo sempat diguyur hujan deras, yang menyebabkan beberapa tempat di sudut-sudut lapangan sedikit tergenang air. Namun dengan sigap, segenap panitia mengeringkan lapangan tersebut dengan di pompa ke area yang tidak ditempati oleh para jama’ah. Sehingga para jamaah dapat menikmati dan melantunkan sholawat dengan khidmat.

Alhamdulillah, pada saat acara berlangsung, hujan tidak lagi turun. Hal ini sebagaimana sambutan KH. Athoillah Solahuddin; “Meskipun tadi sore lirboyo diguyur hujan, insya allah hujannya berhenti (pada saat acara).”

Keinginan Habib Syech Menjadi Santri Lirboyo

Sebelum sholawat disenandungkan oleh Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, memberikan petuah-petuah kepada santri dan keinginannya menjadi bagian dari santri lirboyo. Dalam dawuhnya, beliau mengungkapkan:

“Sebenarnya, saya ingin menjadi santri lirboyo, namun sudah terlanjur tua. Ingin jadi santrinya Mbah Kiai Anwar, tapi tidak bisa. Ingin sekali melayani Romo-romo Kiai. Karena mereka adalah orang-orang hebat yang telah mencetak sekian banyak manusia yang hebat.”

Dalam acara tersebut, Habib Syech juga memberikan kesannya sholawatan di Lirboyo, bahwa sholawatan di Pondok Lirboyo selalu terkesan dalam hatinya.

“Sholawatan di Lirboyo itu selalu terkenang. Belum selesai mengenang (keistimewaan Pondok Lirboyo), sholawatan lagi. (Habib Syech mengucapkan kalimat ini sambil tersenyum).”

Setiap Tahun Habib Syech Bersholawat di Pondok Lirboyo

Acara Habib Syech ini merupakan untuk yang kesekian kalinya diadakan di Pondok Pesantren Lirboyo. Pada awalnya bertempat di Aula Al-Muktamar.

Kemudian, ketika di rasa membludaknya para jama’ah yang datang, baik santri dan para muhibbin dari dalam kota maupun luar kota, akhirnya acara diagendakan di Lapangan Barat Aula Al-Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo.

Hanya saja, acara Lirboyo Bersholawat bersama Habib Syech ini vakum ketika Indonesia dilanda virus corona pada tahun 2019 Masehi.

Anda bisa melihat siaran ulang acara Lirboyo Bersholawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di sini.
Anda juga bisa membaca teks Dawuh Habib Syech dalam Acara Lirboyo Bersholawat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.