HomePojok LirboyoGempita Panggung Lirboyo Bersholawat

Gempita Panggung Lirboyo Bersholawat

0 16 likes 1K views share

Mubtadi-aat pondokku, engkau panji martabatku,

Siapa yang datang mencarimu, kan bertemu hamparan cintamu….

Merekahlah senyum bahagia santri-santri putri Ponpes Hidayatul Mubtadi-aat begitu mars lagu kebanggaan mereka dinyanyikan oleh Habib Syekh bin Abdul Qadir As-Segaf dan grup Ahbabul Musthofa. Bersama-sama santri putri turut melantunkan mars ini dengan suara yang beriringan. Dipadukan dengan nada lagu Yâ Lal Wathan karya KH. Abdul Wahab Hasbullah. Bendera-bendera kecil yang mereka bawa dengan kompak berayun dan berkibar, mengiringi senandung lagu “Yâ Thôlibât Mubtadi-aat..”

Tahun ke-enam panggung Lirboyo Bersholawat kemarin memang spesial. Selain hadirnya Habib Syekh bin Abdul Qadir  As-Segaf dari Solo, nasyid asal Mesir, Musthofa Atef juga turut menyemarakkan gegap gempita suasana diatas panggung. Beberapa lagu sempat dilantunkan bersama oleh kedua tamu istimewa ini. Malam kemarin menjadi momen duet pertama kali, antara Habib Syekh dan Musthofa Atef. Sebagai catatan, pelantun lagu Qomarun ini sengaja hadir di Ponpes Lirboyo, menggenapi rangkaian turnya ke Indonesia, setelah beberapa hari sebelumnya datang mengunjungi beberapa tempat.

Acara Lirboyo Bersholawat, dalam rangka menyambut haul dan haflah ponpes putri Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo kemarin (13/04) alhamdulillah berjalan lancar. Cuaca cerah, dan para pengunjung dari berbagai daerah rela datang jauh-jauh untuk sekedar meramaikan. Saking “rapat”nya, mereka harus duduk berdesak-desakan. Sebelumnya, para jama’ah Syekher Mania yang berasal dari berbagai daerah harus benar-benar antri dan sabar untuk bisa masuk ke lokasi, memang jumlah hadirin kian membludak dari tahun ke tahun. Tahun ini, jumlah penonton meningkat tajam dari tahun kemarin. Diprediksi sekitar tujuh puluh ribu orang hadir tumpah ruah dalam satu lokasi. “Malam ini, Lirboyo Bersholawat menembus angka tujuh puluh ribu jamaah.” Taksir panitia.

Pagi harinya, Musthofa Atef menyempatkan diri bersilaturahim mengunjungi ndalem, dan bertatap muka dengan santri-santri putri. “Karena kalian para kaum hawa adalah rahasia cahaya di muka bumi, semoga Allah menambahkan cahaya pada kalian. Dengan kaum hawa Allah menyinari dunia Insya Allah.” Demikian sekelumit penggalan kutipan yang disampaikan nasyid yang berkuliah di Al-Azhar ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, panggung Lirboyo Berholawat dihadiri oleh banyak tokoh-tokoh penting, sekedar menyebut beberapa nama, seperti wakil gubernur Jawa Timur, HA. Saifullah Yusuf, atau akrab disapa Gus Ipul, Kapolres Kediri, Komandan Brigif Wirayuda Kediri, dan lain-lain.

Duet antara Habib Syekh dan Musthofa Atef ini menjadi yang pertama kalinya di tanah air. Pada penampilan-penampilan sebelumnya, Musthofa Atef biasanya hanya tampil sendirian, begitu juga Habib Syekh. Pengunjung sempat dibuat terkagum-kagum dengan lengkingan suara Musthofa Atef letika menyanyikan lagu-lagunya secara solo. Ia dapat menjangkau nada yang amat tinggi, tanpa kesulitan sedikitpun. Para santri putri dituntun untuk bersama menyanyikan salah satu lagu yang membuat beliau naik daun, Qomarun… “Musthofa ingin, orang Mesir bisa mendengar suara kalian (syekher mania-Red)” Kata Musthofa Atef lewat penerjemahnya.

Acara selesai sekitar pukul 23.30 WIB. Diakhiri dengan lagu Indonesia raya, sebagai salah satu bukti kecintaan kita, seluruh umat muslim akan bangsa kita, bangsa Indonesia.