PONDOK PESANTREN AL IHSAN

Pondok Pesantren Al-Ihsan Lirboyo diasuh oleh KH. Abdul Kholiq Ridlwan dan Ibu Nyai Eeng Sukaenah. Bermula dari khudama’ (abdi ndalem putri) kepada Romo KH. Abdul Kholiq Ridlwan dan sorogan Al-Qur’an kepada Ibu Nyai Eeng Sukaenah. Seiring berjalannya waktu, santri putri yang bertujuan untuk menimba ilmu dan menghafalkan Al-Quran terus bertambah. Akhirnya tempat yang semula hanya dua lantai diperuntukkan para khudama’ menjadi empat lantai sebagai sarana pendidikan para santri. Sehingga bertepatan dengan tahun 2016 M. Romo KH. Abdul Kholiq Ridlwan meresmikan pondok ini dengan nama” Pondok Pesantren Al-Ihsan” dengan alasan berdampingan dengan gedung Al-Ihsan PP. Lirboyo.

Pondok Pesantren Al-Ihsan Lirboyo berbasis Tahfidzh Al-Qur’an dan beraqidah Islam menurut faham Ahlussunnah Wal Jama’ah dengan mengikuti salah satu madzhab fikih yang empat, yaitu Maliki, Hanafi, Syafi’i dan Hambali. Pesantren ini bertujuan mencetak insan yang beriman, bertakwa, berilmu, berakhlaqul karimah dan berhati ikhlas, serta santri dididik untuk mencintai, memahami, mengamalkan Al-Qur’an dan As-Sunnah sesuai dengan pehaman salafus sholih.

Sehingga para santri dibina untuk belajar Al-Qur’an, Hadits-hadits, kitab-kitab salaf dan secara intensif dibina agar aktif berorganisasi, berbahasa, serta menguasai keterampilan-keterampilan. Oleh karenanya, santri diharapkan kelak menjadi insan yang mampu memimpin umat pada kemaslahatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.