HomePojok LirboyoSantri Putri Senang Bersih-Bersih

Santri Putri Senang Bersih-Bersih

0 0 likes 215 views share

LirboyoNet, Kediri—Sebagaimana yang diyakini tiap pribadi muslim, sehat dan kebersihan jasmani adalah satusyarat bagi iman yang sempurna. Maka sudah sewajarnya jika para santri menjaga kebersihan jasmaninya, layaknya menjaga kebersihan hatinya.

Beragam cara mereka lakukan demi terwujudnya lingkungan bersih dan nyaman. Salah satunya adalah apa yang menjadi rutinitas santri Pondok Pesantren Putri Tahfidzil Qur’an (P3TQ). Setiap Jumat pagi, mereka rutin melaksanakan kegiatan Roan Akbar. Roan, seperti yang akrab di telinga santri, adalah kegiatan gotong royong dalam berbagai macam hal. Khusus hari jumat itu, mereka roan membersihkan seluruh area pesantren.

Area itu mencakup kamar mandi, aula, jemuran, ruang tamu, juga ndalem (kediaman pengasuh). Dalam membersihkan seluruh area itu, tidak serta merta dilaksanakan serampangan. Ada ustadzah khusus yang menangani teknis roan ini. Di setiap titik,  ditugaskan 5-6 santri, yang ditemani beberapa ustadzah.

Sebelum roan dimulai, terlebih dahulu mereka melaksanakan senam pagi. Selepas pukul 06.00 Wis (Waktu Istiwa), barulah bel roan dibunyikan. Wajah-wajah mereka terlihat sumringah.  Tidak seperti ketika menerima tugas berat lainnya. Pasalnya, selain mereka memang menyukai kegiatan ini, mereka juga dihibur dengan alunan musik dari tape recorder. Nurfah, salah satu santri menyatakan alasan kenapa mereka senang dengan kegiatan ini. “Sebagai perempuan, kami merasa memiliki fitrah sebagai makhluk yang menyukai kebersihan dan keindahan. Tentu kami merasa senang jika hari libur dan waktu luang diisi dengan bersih-bersih pesantren.”][