HomePojok LirboyoHarlah Ke-29 Ponpes HM Al-Mahrusiyyah

Harlah Ke-29 Ponpes HM Al-Mahrusiyyah

0 0 likes 118 views share

Lirboyonet, Kediri – Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyyah Putra (HMP) Kamis malam Jumat (03/08) lalu mengadakan peringatan Harlah yang ke-29 dengan sukses dan penuh kegembiraan. Bertempat di musala Pondok HM Al-Mahrusiyyah Putra. Begitu banyaknya santri yang hadir sampai musala HMP tidak dapat menampung santri-santri yang ikut merayakan hari jadi pondok mereka. Bahkan diantara mereka ada yang rela duduk di sekitar halaman musala. Meskipun begitu, semua santri tetap bersemangat untuk menyambut hari ulang tahun pondok HM Al-Mahrusiyyah. Dengan pembacaan manaqib, acara Harlah ke-29 pun dimulai.

Sejatinya, Harlah HMP diperingati pada tanggal 1 Agustus. Akan tetapi, Harlah diundur sampai malam Jum’at karena beberapa pertimbangan. Harlah ini juga untuk memperingati hari lahir almaghfurlah KH. Imam Yahya Mahrus, selaku pendiri Pondok HM Al-Mahrusiyyah.

Dalam rangkaian acara malam itu, Agus H. Nabil Aly Ustman turut meresmikan kegiatan jamiyah rutinan HM Al-Mahrusiyah. Selain itu juga terdapat sambutan-sambutan dari alumni yang masih mengajar di pondok.

Agus H. Melvin Zainul Asyiqien selaku pengasuh juga turut memberi beberapa patah kata pada para hadirin. Beliau menceritakan sejarah dari pondok HM Al-Mahrusiyyah yang dulunya bernama Pondok Ibnu Rusydi dan setelah beberapa tahun berikutnya berubah menjadi Al-Mahrusiyyah. Didirikan sejak 1 Agustus 1988 M./10 Syawal 1408 H., oleh KH. Imam Yahya Mahrus, semula HM Putra Al-Mahrusiyah hanya memiliki 41 santri. Namun dalam perkembangannya, jumlah santri perlahan meningkat. Hingga pada tahun 1992 (1 Muharom 1413H.), sang pendiri memutuskan untuk mendirikan Madrasah Diniyah (Madin). Pendidikan ini kemudian terus berkembang hingga memiliki beberapa jenjang: I’dadiyyah 2 tahun, Tsanawiyyah 3 tahun, dan Aliyyah 3 tahun. Metode yang digunakan Madin yang tidak jauh beda dengan metode Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien (MHM) Ponpes Lirboyo, seperti musyawarah, muhafadzah, ataupun lalaran.

Selamat Ulang Tahun Pondok HM Al-Mahrusiyah. Semoga selalu jaya. Amin.\: