HomePojok LirboyoStudi Banding Pengurus & Pengajar Pondok Pesantren An-Nawawi

Studi Banding Pengurus & Pengajar Pondok Pesantren An-Nawawi

0 1 likes 102 views share

LirboyoNet, Kediri—Untuk yang kesekian kalinya, dipenghujung tahun 2018 ini (22/12/2018) pondok pesantren Lirboyo kembali menerima kujungan studi banding. Dan kali ini berbeda dengan sebelumnya, yang biasanya santri-santri dan pengurus. Untuk kali ini ada sekitar 30 pengurus dan pengajar dari pondok pesantren An-Nawawi yang mengunjungi pondok pesantren Lirboyo.

Pondok pesantren yang terletak di dusun Berjan Desa Gintungan Gebang Purworejo didirikan pertama kali oleh al-Maghfurlah K.H. Zarkasyi (1830 M -1914 M) pada tahun 1970 M. Di pondok pesantren ini Beliau lebih fokus untuk mengembangkan dan membina Thoriqoh Qodiriyyah wa Naqsyabandiyyah. Setelah Beliau wafat, pengembangan dan pembinaan Thoriqoh Qodiriyyah wa Naqsyabandiyyah dilanjutkan oleh putra Beliau yaitu al-Maghfurlah K.H. Shiddiq atau Ky. Tanwir (1914M – 1947M).  Perkembangan pondok pesantren ini mulai nampak setelah diasuh oleh putra K.H. Shiddiq yang bernama al-Maghfurlah K.H. Nawawi. Pada masa ini pondok pesantren tidak hanya berfokus pada ilmu thoriqoh saja tetapi juga sudah mulai mengajarkan keilmuan bidang syari’ah. Dan sekarang kepemimpinan pondok pesantren An-Nawawi diasuh oleh KH. Achmad Chalwani.

Dalam kegiatan kali ini banyak pertanyaan dari para pengajar pondok pesantren An-Nawawi terkait sistem belajar mengajar di pondok pesantren Lirboyo. Karena bukan pekerjaan yang mudah untuk mengatur kurang lebih 13.000 santri, utamanya dalam bidang ketertiban. Dan hal-hal demikian yang coba dikaji oleh para pengurus dan pengajar pondok pesantren An-Nawawi.