HomePojok LirboyoLiburan, Ribuan Santri Pulang Kampung

Liburan, Ribuan Santri Pulang Kampung

5 2 likes 1.5K views share

LirboyoNet, Kediri – Terhitung mulai rabu ini (01/02) hingga jum’at pekan depan (10/02)seluruh kegiatan Pondok Pesantren Lirboyo di Liburkan. Mulai dari kegiatan belajar mengajar hingga ektra kurikuler, semua di liburkan. Sekretaris Umum PP. Lirboyo, M. Mufid mengatakan “Liburan ini merupakan kalender kerja Madrasah, yang memberi kesempatan kepada santri untuk beristirahat sejenak dari rutinitas belajar di pondok,” ujarnya.

Senada dengan Ust. Mufid, salah seorang Mudier MHM, Ustad Faqih mengatakan “Meskipun liburan, para santri dihimbau untuk mengisinya dengan kegiatan yang positif,” ujarnya tegas, lebih lanjut ustad muda kelhiran grobogan ini menjelaskan, bahwa kegiatan positif yang dapat dikerjakan, seperti organisasi dan pengajian di pesantren-pesantren lain.

Berdasarkan pantauan crew Lirboyo.net, ribuan santri Lirboyo, secara bergelombaang meninggalkan PP. Lirboyo, mulai selasa pagi (31/01) hingga berita ini diturunkan, banyak santri yang berangkat menuju kampung halaman masing-masing. Ada berbagai moda transportasi yang mereka pakai, mulai bus hingga kereta api.

Ketua Seksi Keamanan PP. Lirboyo, Ustad Sofyan Tsauri mengatakan “Mereka yang mudik ada yang pulang sendiri-sendiri, berkelompok kecil bahkan rombongan besar,” ujarnya, lebih lanjut Ust. Sofyan mengatakan sebagian besar santri pulang sendiri-sendiri, namun untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, keamanan menganjurkan untuk pulang secara berkelompok dan tidak pulang dimalam hari.

Secara khusus Pengasuh PP. Lirboyo, romo KH. Idris Marzuqi menginstruksikan kepada seluruh santri, melalui surat edaran di kelas-kelas, agar para santri senantiasa menjaga nama baik Pondok Pesantren Lirboyo, dimanapun berada. Selain itu Mbah Yai Idris juga berpesan agar mengisi liburan dengan kegiatan yang positif. Riff