HomePojok LirboyoPulang, Lebih Hemat Rombongan

Pulang, Lebih Hemat Rombongan

0 0 likes 562 views share

LirboyoNet, Kediri – Sebelum soal ujian hari keempat dibagikan, para penguji mendapat mandat dari Pondok Pesantren Lirboyo untuk membacakan peraturan terkait liburan tengah tahun. Di antaranya, “dilarang pulang malam kecuali rombongan.” Sebenarnya, para santri sangat hafal peraturan satu itu, karena memang setiap tahun dibacakan peraturan yang sama, dan di dalam kondisi yang sama pula. Meskipun begitu, hal ini tetap harus dilakukan, apalagi jika melihat banyaknya santri baru yang belum tahu peraturan ini. 

Untuk memenuhi peraturan itu, beberapa komunitas santri rela mengkoordinir para santri sedaerah untuk pulang kampung bersama. Malam Ahad tadi, (19/12) beberapa bus terparkir di halaman masjid Al-Hasan. Bus-bus itu merupakan sewaan beberapa komunitas santri yang terdapat di Ponpes Lirboyo. Brebes, misalnya. Mereka menyewa tiga bus plus satu minibus untuk mengantarkan para santri Brebes dan sekitarnya pulang ke kampung masing-masing. Pun begitu dengan Madura, Cirebon, Probolinggo, dan daerah-daerah lain.

Menurut Muhammad Rijal, salah satu panitia pemberangkatan santri Brebes, dengan rombongan, sebenarnya biaya akomodasi yang diperlukan lebih rendah. “Teman-teman santri cukup membayar Rp. 140.000 untuk sampai Brebes. Mungkin tidak jauh beda dengan modal kereta api atau bus biasa. Tapi dengan naik bus bersama, kita lebih nyaman karena bisa rame-rame di dalam,” tukasnya.

Ahmad Yasin, panitia rombongan santri Madura pun mengamininya. “Dengan Rp. 50.000 sudah bisa sampai di Madura. Tidak perlu repot-repot ke Terminal Bungurasih dulu. Gonta-ganti bus.”

Walhasil, kegiatan pulang dengan rombongan, selain lebih hemat di kantong, juga dapat merekatkan hubungan dengan kawan-kawan lain. Apalagi, di situasi zaman sekarang yang di dalam kendaraan umum seringkali terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selamat jalan para santri. Semoga selamat sampai tujuan, dan bisa mengambil manfaat dan pelajaran yang baik selama berlibur.][