HomePojok LirboyoRibuan Siswa MHM ikuti Muhafadlah Akhirussanah

Ribuan Siswa MHM ikuti Muhafadlah Akhirussanah

0 0 likes 544 views share

LirboyoNet, Kediri – Sekitar 5.233 siswa MHM (Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien) mengikuti Muhafadlah Akhirussanah, yakni sebuah kegiatan rutin yang menjadi agenda tahunan MHM menjelang akhir tahun pendidikan, adapun bentuk kegiatan ini adalah ujian lisan dengan menghafalkan Nadzam/bait pelajaran dalam tingkatannya masing-masing. Muhafadlah merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh siswa MHM, karena muhafadlah merupakan salah satu syarat mengikuti ujian semester genap dan hasil yang didapat dalam Muhafadlah akan menjadi nilai dalam Raport.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama seminggu penuh ini (03-09/06) sekitar 448 Ustadz dilibatkan sebagai penguji. Terdiri ustadz dari semua pengajar di semua tingkatan, mulai dari tingkat Ibtida’iyyah, Tsanawiyyah dan Aliyah. Bahkan jika diperlukan beberapa orang pengurus pondok Pesantren Lirboyo akan dilibatkan dalam kegiatan ini.

Ketua pelaksana Muhafadlah Akhirussanah MHM tahun 2011, Ust. Saikhu Fauzi menuturkan “Hasil Muhafadlah terbagi dalam 3 kategori yakni, Jayyid, Mutawashit dan Rodi’,” ujarnya serius, lebih lanjut ustad kelahiran Blitar ini menambahkan, untuk dapat meningkuti ujian semester genap, seorang siswa miminal harus mampu melewati predikat Mutawasit, jika tidak maka seorang siswa wajib mengikuti ujian lisan ulang.

Dari pantauan crew lirboyo.net sabtu malam (04/06) sekitar 785 orang siswa kelas 5 Ibtida’iyyah sedang mengikuti Muhafadlah Akhirussanah, suasana hening terasa sangat kentara pada saat satu persatu peserta Muhafadah menghadap penyimak, namun keadaan berganti menjadi ceria tatkala mereka semua mampu melewati ujian lisan ini. riff