HomePojok LirboyoHaul dan Haflah Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadiaat

Haul dan Haflah Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadiaat

0 12 likes 611 views share

LirboyoNet, Kediri- Haul dan Haflah Akhirussanah Pondok dan Madrasah Putri Hidayatul Mubtadiaat yang dilaksanakan pada Kamis (27/04) berlangsung khidmat. Segenap dzurriyyah, dewan pengajar MPHM, wali murid, dan seluruh santri Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadiaat tampak memadati Aula Al-Muktamar sebagai tempat terselenggaranya acara.

Acara yang menjadi agenda rutinan setiap akhir tahun pelajaran tersebut diawali dengan sambutan-sambutan. Salah satunya adalah sambutan dari perwakilan wali santri yang dibawakan oleh KH. Abdullah Ubab Maimoen dari Sarang, Rembang Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, beliau berkali-kali mengucapkan terima kasih terhadap Masyayih dan dewan pengajar yang telah berjasa besar dalam menjaga dan membimbing para santri P3HM. Dan beliau juga memohon doa agar ilmu yang diperoleh para santri tersebut dijadikan ilmu yang bermanfaat dan barokah. “Mugi-mugi santri ingkang belajar teng mriki keparingan hasil lan manfaat ilmune. (Mudah-mudahan santri yang belajar di sini diberikan keberhasilan dan ilmu yang bermanfaat),” ungkap beliau di akhir sambutannya.

Habib Abu Bakar bin Hasan Assegaf dari Pasuruan diundang untuk memberikan mauidzotul hasanah. Dalam ceramahnya, beliau mejelaskan secara terperinci tentang mahabbah atau rasa cinta terhadap guru. Karena dengan demikian, akan muncul sebuah ikatan ruhaniyyah antara seorang murid dengan gurunya, yang mana hal tersebut merupakan kunci utama keberhasilan belajar dan kemanfaatan ilmu yang diperoleh seorang santri. “Carilah rido guru dengan sungguh-sungguh, karena hal itu adalah wasilah (perantara) keberhasilan,” imbuh beliau.

Selanjutnya, KH. M. Anwar Manshur sebagai khodim Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadiaat melantunkan doa penutup yang menjadi penanta berakhirnya seluruh rangkaian acara pada malam tersebut. []