HomePojok LirboyoLirboyo Tunaikan Amanah Kurban

Lirboyo Tunaikan Amanah Kurban

0 0 likes 99 views share

LirboyoNet, Kediri– (22/08/2018) Seusai melaksanakan salat Iduladha, para santri  berbondong-bondong menuju depan gedung Rusunawa guna menyaksikan penyembelihan. Setidaknya ada 15 ekor kambing kurban yang dieksekusi pada siang ini. Hewan-hewan kurban ini bersumber dari para alumni, wali santri atau pun para derma lainnya yang dititipkan kepada para santri. Suasana matahari yang begitu menyengat tidak menyurutkan semangat para pengurus dan santri untuk menunaikan amanah yang mereka emban.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang mana penyembelihan dilakukan di depan-depan asrama, pada tahun ini pengurus Pondok Pesantren Lirboyo mengumpulkan dan menyembelihnya di satu tempat, “Supaya lebih tertata dan kebersihan lingkungan pondok tetap terjaga.” Tutur salah satu pengurus pondok.

Untuk diketahui, lazim adanya dari tahun ke tahun selalu saja ada para alumni, wali santri atau pun para derma yang berkurban di Pondok, tentu saja hal ini disambut baik oleh Pihak Pondok. Selain itu, hasil kurban yang di bagikan kepada para santri ini juga sekaligus untuk meredam kerinduan santri kepada suasana Iduladha di kampung halamannya.

Ibadah kurban merupakan ibadah yang disunahkan setelah dilaksanakannya salat Id, dimomen kesunahan itulah para derma menyambut bonus agung dari Allah dengan menyisihkan sebagian hartanya untuk dibelikan hewan kurban lalu membagi-bagikannya kepada orang lain agar sama-sama bisa bersuka cita dihari raya. sebagaimana prinsip Islam bahwa orang mu’min adalah satu yang jika satu anggota sakit maka yang lain ikut menanggung, begitu pula sebaliknya.(IM)