HomePojok LirboyoLomba Pondok Pesantren Idol For Road Safety Tingkat Jawa Timur

Lomba Pondok Pesantren Idol For Road Safety Tingkat Jawa Timur

0 0 likes 23 views share

LirboyoNet, Kediri- Kesadaran tertib berlalu lintas menjadi kunci utama dalam keselamatan di jalan. Kurangnya kesadaraan taat berlalu lintas masyarakat memotivasi Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) untuk menyelenggarakan lomba yang bertajuk “Pondok Pesantren Idol For Road Safety” tingkat propinsi.

Sebagai pemenang di tingkat Kepolisian Resor (Polres) Kediri Kota, Pondok Pesantren Lirboyo berhak mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

Kamis, (06/12), jajaran dewan juri dari Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur (Ditlantas Polda Jatim) hadir di Pondok Pesantren Lirboyo. Dalam sambutannya, Kompol Ariek Indra Sentanu , selaku wakil Ditlantas Polda Jatim menyambaikan bahwa pondok pesantren sudah sepatutnya menjadi pelopor kesadaran berlalu lintas di tengah-tengah masyarakat.

Lebih dari 80 persen rakyat Indonesia adalah muslim. Sehingga pondok pesantren yang dalam hal ini adalah santri sudah saatnya menjadi pelopor taat berlalu lintas.” ujarnya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Kasatlantas Polres) Kediri Kota, AKP. A. Rizki Fardian, mengamini sambutan dari Ditlantas Polda Jatim tersebut. Menurutnya, kegiatan lomba ini menjadi inovasi yang sangat positif dari Kepolisian Daerah Jawa Timur dalam menumbuhkan kesadaran taat berlalu lintas di masyarakat Jawa Timur. Bahkan harapannya, kegiatan ini juga bisa dilaksanakan di propinsi-propinsi lain di Indonesia.

Agus Zulfa Ladai Robbi, perwakilan dari pengurus Pondok Pesantren Lirboyo, memberikan sambutan terakhir. Ia menjelaskan bahwa keberadaan pihak kepolisian seperti seorang kiai atau dai.

Masyarakat tahu kalau salat, puasa, dan perintah-perintah lain itu wajib. Namun para kiai terus menerus mengingatkan kepada mereka. Sama halnya dalam lalu lintas ini, masyarakat juga tahu bahwa memakai helm, mematuhi rambu-rambu lalu lintas itu wajib. Namun pihak kepolisian tidak henti-hentinya terus mengingatkan kepada mereka.” terang Zulfa dalam sambutannya.

Kegiatan lomba tersebut berisi orasi dan pidato mengenai kesadaran taat berlalu lintas, tes tulis seputar pengetahuan lalu lintas, praktek gerakan pengaturan lalu lintas, hingga praktek Safety Riding yang semuanya dilakukan oleh santri Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri.[]