Palestina Merdeka Berarti Kiamat?

Artikel berikat hendak menjelaskan terkait pertanyaan, Palestina Merdeka Berarti Kiamat?

Di sela-sela ramainya dukungan kepada palestina, beredar opini bahwa; kemerdekaan palestina berarti kiamat semakin dekat.

Opini tersebut berlandaskan hadist Nabi Muhamad Saw., salah satunya;

قَالَ يَا ابْنَ حَوَالَةَ إِذَا رَأَيْتَ الْخِلَافَةَ قَدْ نَزَلَتْ أَرْضَ الْمُقَدَّسَةِ فَقَدْ دَنَتْ الزَّلَازِلُ وَالْبَلَابِلُ وَالْأُمُورُ الْعِظَامُ وَالسَّاعَةُ يَوْمَئِذٍ أَقْرَبُ مِنْ النَّاسِ مِنْ يَدِي هَذِهِ مِنْ رَأْسِكَ

Artinya, “Nabi saw bersabda, ‘Wahai anak Hawalah, apabila engkau melihat kekhilafahan telah turun di bumi yang disucikan maka sungguh telah dekat bencana gempa dan berbagai kesedihan serta perkara-perkara besar. Pada saat itu Hari Kiamat lebih dekat kepada orang-orang daripada tanganku ini dari kepalamu’.” (HR Abu Dawud).

Lantas bagaimana pemahaman yang tepat?

Pertama; Maksud al-ardu al-muqaddasah adalah, tanah yang disucikan dari dosa, yakni yerussalem. Pada waktu itu yerusalem masuk dalam wilayah Syam, pusat pemerintahan kekuasaan islam pada masa dinasti Bani Umayyah. Al-Khatobi menjelaskan; nabi memperingatkan bencana dan fitnah yang kelak terjadi pada masa Khilafah Bani Umayyah.

Kedua; Fakta bahwa nabi menyampaikan hadis ini kepada Abdullah Ibn Hawalah merupakan salah satu dari sekian banyak mukjizat. Nabi seolah sudah mengetahui bahwa Abdullah ibn Hawalah akan hidup sampai pada masa Muawiyah ibn Abi Sufyan pada tahun 41 H. Setelah itu beliau menemui masa Abd al-Malik ibn Marwan pada tahun 80 H. Pada tahun 95 H terjadi bencana besar, gempa yang sangat dahsyat meluluh lantakkan gedung-gedung. Pembesar tabi’in Sa’id ibn Jubair terbunuh. Hingga negri Antakya (Anthoqiyyah) luluh lantak.

Ketiga; Maksud dari kiamat disini adalah tanda-tandanya. Jadi salah satu tanda kiamat adalah kekuasaan islam telah sampai ke tanah Palestina. Dan itu telah terjadi saat Bani Umayyah memimpin.[1]

Terkait tanda-tanda kiamat ada beberapa hal yang perlu kita fahami;

Pertama; Tanda kiamat ada dua kubro dan sughro. Khilafah di tanah Syam dan Bait al-Maqdis adalah salah satu tanda sugro.[2]

Kedua; merupakan sebuah keniscayaan bagi umat Nabi Muhammad Saw., umat yang hidup di zaman paling akhir, suatu saat nanti akan menemui hari kiamat. Selama masa “penantian” zaman akhir tersebut tanda-tanda kedatangannya akan terus bermunculan.

Kemunculan peristiwa tanda-tanda kiamat ini sudah ada sejak dahulu. Bahkan, mungkin saat ini kita sedang mengalami tanda-tanda tersebut.

Ketiga; Menurut pendapat yang kuat Rasulullah saw. mendapat segala pengetahuan dari Allah Swt. termasuk mengenai kapan hari kiamat terjadi. Meskipun demikian tidak semua pengetahuan tersebut akan disampaikan kepada umatnya, ada yang disampaikan ada yang tidak boleh disampaikan.

Waktu terjadinya hari kiamat adalah salah satu pengetahuan yang tidak boleh disampaikan. Maka dari itu setiap kali mendapat pertanyaan mengenai kapan hari kiamat terjadi Rasulullah Saw. hanya akan memberi jawaban tentang tanda-tanda hari kiamat.[3]

Penyampaian tanda-tanda hari kiamat oleh Rasulullah Saw. bukanlah bertujuan untuk memastikan kapan terjadinya hari kiamat akan tetapi sebatas tanda, sebuah tanda tidak akan menetapkan wujudnya perkara.

Namun penyampaian tanda-tanda tersebut adalah untuk memperingatkan kepada umatnya supaya terus menyiapkan diri menghadapi datangnya hari kiamat yang bisa datang kapan saja, tentunya dengan memperbanyak ibadah dan amal-amal saleh sebagaimana dawuh nabi;

اعْمَلْ لِدُنْيَاكَ كَأنَّك تَعِيشُ أبَدًا، وَاعْمَلْ لِآخِرَتِكَ كَأَنَّكَ تَمُوْتُ غَدًا

“Bekerjalah untuk duniamu seakan-akan engkau akan hidup selamanya. Dan bekerjalah untuk akhiratmu seakan-akan engkau akan mati besok pagi.”

Sekian semoga bermanfaat. Wallahu A’lam bi as-Shawab.

Baca Juga; Arab Menghijau Tanda Kiamat?

Subscribe; Pondok Lirboyo

 

 

[1]Syihab ad-Din, Ahmad ibn Hasan ibn Ruslan al-Maqdisiy ar-Ramli as-Syafi’I, Syarh Sunan Abi Dawud, Mesir. Dar-al-Falah li al-Bahsi al-Ilmi wa Tahqiq at-Turats, Hal. 172-173, Jilid 11.

قال الخطابي (٣): إنما أنذر به ﷺ أيام بني أمية وما حدث من الفتن في زمانهم وانتشر ذكره (فقد دنَت) بفتح النون، أي: قرب وقوع (الزلازل) وفي هذا معجزة عظيمة لرسول الله ﷺ، فإن عبد الله بن حوالة عاش إلى أن رأى خلافة معاوية بن أبي سفيان في شوال سنة إحدى وأربعين ببيت المقدس، وعاش بعد ذلك إلى أن رأى خلافة عبد الملك بن مروان في سنة ثمانين بالشام، وكانت الزلازل قد قربت؛ فإن في سنة خمس وتسعين كانت الزلازل في الدنيا حتى عم الهدم الأبنية الشاهقة، وقتل الحجاج سعيد بن جبير، وتهدمت دور أنطاكية (و) كثرت (البلابل) جمع بلبال وبَلْبَالة بفتح الباءين وإسكان اللام بينهما، وهو الهم والحزن ووسواس الصدر (والأمور العظام) ورواه الحاكم في «المستدرك» (١) عن ابن حوالة الصحابي أيضًا. يعني؛ الفتن العظيمة بين الحجاج وعبد الله بن الأشعث، واتصلت الحرب بينهما مائة يوم كان فيها إحدى وثمانون وقعة، حكاه ابن الجوزي (٢). وقال ثور بن يزيد: قدس الأرض الشام، وقدس الشام فلسطين، وقدس فلسطين بيت المقدس، وقدس بيت المقدس الجبل، وقدس الجبل المسجد، وقدس المسجد القبة (٣).وثور بفتح المثلثة، قيل: ينسب إليه جبل ثور.(والساعة يومئذٍ أقرب من الناس) لعله أريد بالساعة: أماراتها، أقرب (من يدي هذِه من  رأسك) وقد وقعت علامات الساعة وتواصلت، فنسأل الله العافية والسلامة في الدين والدنيا والآخرة.

[2] Jawahir al-Lu’luiyyah Syarh al-Arba’in an-Nawawiyyah.

 لِلسَّاعَةِ عَلَامَاتٌ كَثِيْرَةٌ صُغْرَى وَكُبْرَى أَمَّا الصُّغْرَى فَمِنْهَا قَبْضُ الْعِلْمِ بِمَوْتِ أَهْلِهِ وَكَثْرَةُ الْزَلَازِلِ ، وَالْفِتَنِ، وَالزِّنَا، وَشُرْبِ الْخَمْرِ وَالرِّبَا وَعُقُوْقِ الْوَالِدَيْنِ وَالتَّجَاهُرُ بِالْمَعَاصِي، وَإِضَاعَةُ الصَّلاَةِ وَالْأَمَانَةِ وَتَعْطِيْلُ الْحُدُوْدِ وَقِلَّةُ الْأَمْرِ بِالْمَعْرُوْفِ وَالنَّهْيِ عَنِ الْمُنْكَرِ، وَإِعْرَاضُ الْاكَابِرِ عَنِ الْأَذَانِ وَتَرْكُهُ لِلسَّفَلَةِ. وَأَمَّا الكُبْرَى :فَمِنْهَا ظُهُوْرُ الْمَهْدِىْ وَخُرُوْجُ الدَّجَّالِ، وَنُزُوْلُ عِيْسَى عَلَيْهِ السَّلَامِ، وَخُرُوْجَ يَأْجُوْجِ وَمَأْجُوْجِ وَطُلُوْعُ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا.

[3] Fath al-Mubin Syarh al-Arba’in an-Nawawiyyah.

فإن قيل : قوله الله الله : بعثت أنا والساعة كهاتين يدل على أن عنده منها علما، والآيات تقتضي أن الله تعالى منفرد بعلمها، فالجواب كما قال الحليمي: أن معناه: أنا النبي الأخير، فلا يليني نبي ،آخر وإنما تليني القيامة، وهي مع ذلك دانية؛ لأن أشراطها متتابعة بيني وبينها، غير أن ما بين أول أشراطها إلى آخرها غير معلوم، والحق كما قاله جمع أن الله سبحانه وتعالى لم يقبض نبينا عليه الصلاة والسلام حتى أطلعه على كل ما أبهمه عنه، إلا أنه أمره بكتم بعض والإعلام ببعض

 

One thought on “Palestina Merdeka Berarti Kiamat?

  1. Jawaban sesimpel ini yg kami tunggu, betul2 mudah dipahami orang awam, sederhana, ringkas dan tepat. Terima kasih, jazakumullah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.