Kita Nggak Sendiri! Lihat Sekelilingmu Sekarang

Kita-Nggak-Sendiri

Jika Anda menonton film Spiderman No Way Home atau Doctor Strange in The Multiverse of Madness yang baru rilis belakangan ini, atau mengikuti chanel Youtube MUI (Marvel Universe Indonesia), Anda akan mendapati para tokoh superhero dari universe yang berbeda saling bahu-membahu demi mengalahkan para villian dari universe yang berbeda pula.  

Dan jikalau Anda lebih cermat dalam menonton film tersebut, Anda akan menemukan sebuah teori yang sangat mengesankan: teori multiverse. Dalam teori itu disebutkan bahwa dunia yang kita tempati ini, memilki alternatif cerita lain. Disebutkan, jika Anda dalam dunia ini adalah orang baik, maka dalam dunia lain, mungkin bisa jadi Anda adalah seorang penjahat.

Atau dalam teori lain yang lebih astronomi dikatakan bahwa kita tidak sendiri dalam mengisi semesta ini. Selain bumi, mungkin ada juga planet lain yang berisi kehidupan, bahkan bisa jadi memilki peradaban yang lebih maju dari peradaban Bumi yang dikuasai oleh manusia. Dan tidak menutup kemungkinan pula, sekarang mereka sedang mengawasi kita mengguanakan alat yang super canggih, sambil menunggu kita lengah, lalu menculik kita untuk dibedah. Planet Namek kah? Siapa yang tahu!

Selain dari teori ilmiah, teori dari berbagai kepercayaan juga meyakini bahwa manusia bukan satu-satunya yang mengisi peradaban bumi. Dalam mitologi Nordik misalnya, kita akan dikenalkan dengan sebuah keberadaan yang lebih tinggi seperti Thor yang menguasai petir, Odin yang mengawasi para pejuang di Vallhala, Loki yang menjadi perwujudan dari kejahilan dan keusilan, atau Fanris seekor serigala raksasa yang berniat menelan seluruh dunia. Bahkan peradaban yang lebih tua seperti Mesir Kuno juga memiliki daftar nama-nama keberadaan selain manusia seperti Raa yang menguasai matahari, Khonsu yang menguasai bulan dan simbol dari pembalasan, atau Seth yang menguasai alam baka. Dan masih banyak lagi kepercayaan lain seperti Budha, Hindu,  Agama Samawi, Mitologi Aztec, Mitologi Suku Maya, atau yang lainnya.

Satu hal yang sama dari semua kepercayaan itu adalah, mereka semua membenarkan bahwa ada keberadaan selain penduduk bumi yang mengisi alam semesta.

Dalam kepercayaan Islam pun menjelaskan teori yang tidak berbeda jauh. Selain menciptakan manusia, tumbuhan dan hewan, Tuhan juga menciptakan bangsa jin, malaikat dan bidadari.

قُلۡ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ ٱسۡتَمَعَ نَفَرٞ مِّنَ ٱلۡجِنِّ فَقَالُوٓاْ إِنَّا سَمِعۡنَا قُرۡءَانًا عَجَبٗا 

“Katakanlah (hai Muhammad): “Telah diwahyukan kepadamu bahwasanya: Telah mendengarkan sekumpulan jin (akan al-Qur’an), lalu mereka berkata: Sesungguhnya kami telah mendengarkan al-Qur’an yang menakjubkan.” (Al-Jinn: 01)

وَٱلۡمُرۡسَلَٰتِ عُرۡفٗا  ١ فَٱلۡعَٰصِفَٰتِ عَصۡفٗا  ٢ وَٱلنَّٰشِرَٰتِ نَشۡرٗا  ٣ فَٱلۡفَٰرِقَٰتِ فَرۡقٗا  ٤ فَٱلۡمُلۡقِيَٰتِ ذِكۡرًا  ٥

“Demi malaikat-malaikat yang diutus untuk membawa kebaikan, dan (malaikat-malaikat) yang terbang dengan kencangnya, dan (malaikat-malaikat) yang menyebarkan (rahmat Tuhannya) dengan seluas-luasnya, dan (malaikat-malaikat) yang membedakan (antara yang hak dan yang bathil) dengan sejelas-jelasnya, dan (malaikat-malaikat) yang menyampaikan wahyu.” (Al-Mursalat: 01-05)

حُورٞ مَّقۡصُورَٰتٞ فِي ٱلۡخِيَامِ  ٧٢

“(Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih, dipingit dalam rumah.” (Ar-Rahman: 72)

Tonton juga: Belajarlah Selagi Masih Muda | KH. M. Anwar Manshur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.