HomeDawuh MasyayikhMengenang Sosok dan Perjuangan KH. Abdul Karim

Mengenang Sosok dan Perjuangan KH. Abdul Karim

0 4 likes 2.7K views share

Dalam haul KH. Abdul Karim (Mbah Manab) 25 Juni 2016 kemarin, KH. M. Anwar Manshur mengungkapkan sedikit kisah mengenang kembali kehidupan dan perjuangan Mbah Manab,

 

Naliko ting Bangkalan niku tasih kasb, tasih nyambut gawe. Naliko wayah panenan dateng Jember, golek panenan ting Jember. Akhir ipun kalih Mbah Kyai Kholil dipun coba, dipenging nyambut gawe. Dadi saking wangsul saking Jember dugi Stasiun Bangkalan niku dipapak kalih Mbah Kyai Kholil. ‘Oleh beras kang?’ (Nek nyeluk niku Kang Manab.) ’Nggeh’. Nggowo beras niku rong kandi. ‘Peneran kang, pitikku luwe.’ Dijaluk, disebar ting stasiun niku. Dipangan pitik sak stasiun. Mbasan berase telas yo pitike ra enek, lajeng Mbah Kyai paham mboten angsal kasab. Lajeng dijoli. ‘Wes, berasmu tak joli wit Bentis’. Berarti geh niku. Nek dahar nggeh (menawi) mboten godonge nggeh wohe.

Ketika masih di Bangkalan (nyantri kepada Syaikhuna Kholil) beliau masih sambil bekerja. Ketika tiba waktu panen, beliau pergi ke Jember. Akhirnya oleh Kyai Kholil diuji, dilarang untuk bekerja. Sepulang dari Jember, tiba di stasiun Bangkalan di hadang oleh Kyai Kholil. “Dapat beras kang?” “Nggeh”. Beliau membawa beras dua karung. “Kebetulan kang, ayamku lapar.” Berasnya diminta, lantas di sebar di stasiun Bangkalan. Dimakan oleh ayam-ayam yang berada di stasiun. Anehnya, ketika beras tesebut habis dimakan, ayam-ayam itupun tiba-tiba menghilang. Akhirnya Mbah Manab memahami kalau beliau dilarang bekerja. Beras tersebut akhirnya ditukar, “Sudah, berasmu aku tukar mengkudu.” Berarti, yang beliau makan hanya itu. Jika tidak daun mengkudu, buahnya.

 

Dadi ting Lirboyo niku ceritane ngeten, dadi riyen niku mantan lurah Lirboyo niku wong Solo tiang sae. Nyuwun dateng Mbah Yai Soleh supados salah setunggale putrane dipun panggenaken Lirboyo. Akhir ipun Mbah Soleh dateng mriki, di istikhorohi, sae. Jane Mbah Kyai niku nyuwune ting Kemuning. Tapi mergo gersang niku mboten angsal. Gersang, saestu. Mboten kenek damel pondok. Akhire dipun seleh mriki. Wong mriki niku taseh mboten karu-karuan polahe. Lirboyo niku ngoten asale. Lajeng dipun boyong mriki, didamel aken omah. Omahe niku gedek, sing digedeki mung separo, sing separo dereng. Mbah Kyai Abdul Karim dipun pindah mriki. ‘Wes kang, niki umah sampean’ Digawani sego sak cething. Niku nembe telung ndino Mbah Nyai dipun boyong mriki. Niku sak ngertos kulo ngoten. Critane ibu kulo ngoten. Telung dino Mbah Nyai dipun boyong mriki, niku nggeh namung ngoten niku thok. Omahe niku dereng onten napa-napane namung gedeke separo. Nggeh mpun namung ngoten niku.”

Jadi sejarah beliau di Lirboyo itu ceritanya seperti ini, dahulu mantan lurah Lirboyo adalah orang Solo dan termasuk orang salih. Meminta kepada Mbah Soleh (Banjarmelati) agar salah satu putranya ditempatkan di Lirboyo. Akhirnya Mbah Solehpun berkunjung ke Lirboyo, di istikhorohi, hasilnya baik. Sebenarnya Mbah Manab meminta ditempatkan di Kemuning. Tapi karena tempatnya gersang jadi tidak diperbolehkan. Tanahnya gersang, tidak bisa didirikan pondok. Akhirnya ditempatkan di sini (Lirboyo). Warga Lirboyo ketika itu masih tidak karu-karuan kelakuannya. Akhirnya di pindahkan di sini dan dibuatkan rumah. Rumahnya terbuat dari gedek, dan yang digedeki hanya separuh saja. Yang separuh tidak diapa-apakan. KH. Abdul Karim dipindahkan disini, “Wes kang, ini rumah anda” dibekali nasi satu cething. Tiga hari kemudian barulah Bu Nyai Dhomroh dipindahkan kesini. Setahu saya seperti itu. Sesuai cerita ibu saya. Tiga hari Bu Nyai dipindahkan ke sini rumahnya belum ada apa-apanya. Hanya rumah gedek separuh. Hanya seperti itu saja.

 

Dadi ting Lirboyo niku ontene namung ngaji thok, mboten ngertos nopo-nopo. Mbah Kyai Abdul Karim niku kalih duit mawon mboten ruh. Ngertos kulo ngaten, kulo niku taseh cilik, niku kulo saking Jombang asale, ting Lirboyo niki mangke nek ajeng wangul pamitan Mbah Kyai Abdul Karim niku mangke dituduhi. ‘Iki piro?’ Taseh enggal-enggale duit Republik Indonesia. Nek sek abang niku sak rupiah, nek sing biru niku sak ringgit. Rong Rupiah setengah. Kulo matur, ‘Niki setunggal rupiah, niki sak ringgit’ Dadi mboten ngertos, namung didekeaken Dalalil niku. Sing abang di wor abang. Sing biru di wor biru. Niku Mbah Yai Abdul Karim, ora ngerti blas karo duit.”

Di Lirboyo (Mbah Manab) hanya mengaji saja. Tidak tahu menahu apa-apa. KH. Abdul Karim dengan uang saja tidak tahu, setahu saya ketika masih kecil. Saya asalnya dari Jombang. Di Lirboyo ketika hendak pulang berpamitan dengan KH. Abdul Karim diperlihatkan (ditanyai), “Ini (uang) berapa?” ketika itu masih baru keluar uang Republik Indonesia, yang berwarna merah nilainya satu rupiah, dan yang berwarna biru nilainya satu ringgit, dua setengah rupiah. Saya jawab, “Ini satu rupiah, yang ini satu ringgit”. Jadi beliau tidak faham dengan uang. Uangnya disisipkan dalam kitab Dalail, yang berwarna merah dicampur merah, dan yang berwarna biru dicampur dengan biru. KH. Abdul Karim tidak tahu sama sekali dengan uang.

 

Mbah Yai Abdul Karim termasuk qona’ahe, niku. Kepingin tempe niku, tempe niku regane mung sak cetheng. Niku dipertahankan ngantos telung tahun nembe tumbas tempe goreng. Mergo nopo? Ngeker syahwat. Ojo sampe kekarepane dituruti. Jane umpamane tuku geh kuat, tapi di mpet. Ojo sampe kekarepane nafsu dituruti. Niku sampe telung tahun nembe tumbas tempe.”

KH. Abdul Karim termasuk sangat qona’ah. Pernah menginginkan makan tempe tapi tidak dilakukan sampai tiga tahun baru membeli tempe goreng. Padahal tempe harganya hanya satu cetheng. Karena apa? Mengekang syahwat. Jangan sampai keinginannya dituruti. Sebetulnya, beliau mampu membelinya, namun ditahan. Jangan sampai keinginan nafsu dituruti.

 

Qona’ah ipun mbah Kyai Abdul Karim niku, nek kaleh dunyo mboten sumerap. Nek dahar niku, kulo taseh sumerap, kulo menangi sekedap. Mbok bilih Bu Fathimah ibune Gus Huda niku taseh menangi katah (Sore itu KH. Nurul Huda Ahmad hadir di majlis haul). Dadi namung disediani sak piring, kulo kelingan niku. Jangane ting mangkok niku, lajeng sukani tempe kaleh tahu. Niku mboten di dahar sedoyo, di dahar sebagian lajeng mangke lintune diparingake kendil disukani tuyo dipakakne weduse. Sebab weduse niku wedus poan. Dadi poane di unjuk lajeng segane sebagian di wehne ting weduse. Niku taseh kelingan kulo. Riyen gadah kurungan ageng niko, damel ngurungi wedus.

Sifat qona’ah KH. Abdul Karim, beliau tidak mengerti dengan dunia. Kalau makan,-Dulu saya pernah melihat- disediakan piring, saya ingat. Sayurnya diletakkan di mangkok, lantas diberi tempe dan tahu. Tidak dimakan semuanya. Dimakan sebagian, yang sebagian diberikan kepada kambing beliau. karena kambing beliau kambing perah, air susunya di minum, dan nasinya sebagian untuk memberi makan kambing. Saya masih ingat. Dulu beliau mempunyai kurungan besar untuk mengurung kambing.

 

“Dados ting mriki niku namung sedino sewengi, ngopeni santri, ngaji. Sing ngatur ma’isyah Mbah Nyai Dhomiroh. Ngantos tumbas tanah-tanah sing sak niki dipanggeni Mbah Kyai Marzuqi, Mbah Kyai Mahrus, Gus Imam, niku sedoyo Mbah Nyai. Mbah Kyai mboten ngertos nopo-nopo. Entene namung ngopeni santri. Mulai subuh ngantos dhuhur niku ngaji. Mangke dawuhe mak niku jam rolas nopo jam pinten wangsul, ganti mulang anake ting ngomah. Sonten mantun dhuhur terus budal maleh ting masjid ngaji, ngantos ashar. Ba’da ashar wangsul. Mari isya’ ngaji ngantos jam rolas ndalu. Ontene namung ngoten. Dawuhe Mbah Mahrus nalikone anyar-anyare dados mantu niku nate mirsani, dados Mbah Kyai Abdul Karim niku kundur saking masjid jam rolas niku mboten sare, lajeng tahajjud ngantos subuh. Dadi mboten nate sare.”

Jadi disini (Lirboyo) sehari semalam hanya mengurusi santri, dan mengaji. Yang mengatur kehidupan sehari-hari Bu Nyai Dhomroh (Istri beliau). Sampai membeli banyak tanah yang sekarang menjadi kediaman Mbah Kyai Marzuqi, Mbah Kyai Mahrus, Gus Imam. Itu semua Bu Nyai. Mbah Kyai tidak tahu menahu apa-apa. Yang ada hanya mengurusi santri. Mulai subuh sampai dhuhur mengaji, nanti -menurut ibu saya- jam dua belas atau entah jam berapa pulang. Bergantian mengajar putra-putri beliau di rumah. Sore setelah dhuhur kembali berangkat mengaji lagi di masjid sampai asar. Setelah asar pulang. Setelah isya’ mengaji sampai jam dua belas malam. Hanya seperti itu. Menurut cerita Mbah Mahrus ketika masih baru menjadi menantu KH. Abdul Karim, beliau (KH. Mahrus ‘Aly -Red) pernah melihat, jika KH. Abdul Karim pulang dari masjid jam dua belas malam tidak lantas tidur. Akan tetapi lantas bertahajjud sampai subuh. Jadi, (Mbah Kyai Abdul Karim) tidak pernah tidur.[]