lalat

lalat yang Selalu Sehat

Lalat yang Selalu Sehat | Sebenarnya apa sih keistimewaan lalat? Ada apa dibalik sayap kanan dan kiri lalat? bagaimana bisa lalat memiliki racun juga penawarnya dalam satu tubuh? untuk menjawab itu semua mari kita simak kajian mengenai lalat dibawah ini. Coba perhatikan Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari ini:

إِذَا وَقَعَ الذُّبَابُ فِي شَرَابِ أَحَدِكُمْ فَلْيَغْمِسْهُ ثُمَّ لِيَنْزِعْهُ فَإِنَّ فِي إِحْدَى جَنَاحَيْهِ دَاءً وَالْأُخْرَى شِفَاءً

“Ketika ada seekor lalat jatuh ke dalam minuman salah satu dari kalian, maka hendaknya celupkan (seluruh badannya), kemudian angkatlah. Karena di dalam salah satu kedua sayap lalat terdapat racun dan yang lainnya terdapat penawarnya”

Orang-orang rasionalis tentu akan bertanya-tanya, bagaimana mungkin minuman yang telah terkena lalat masih layak di konsumsi? padahal lalat merupakan serangga yang selalu hinggap di atas kotoran dan sampah. Ditambah dengan analisa dokter mengatakan bahwa lalat adalah hewan kecil pembawa sekaligus penyebar hama penyakit di antaranya ialah basil kolera, tifus, dan disentri

Dari sebagian cendekiawan Muslim juga banyak yang meragukan kebenaran riwayat hadis tersebut, di antaranya Al-Ghazali, Mahmud Syaltut, Musthafa Al-Maraghi, dan Yusuf Qordhowi. Ada juga yang berani mendlaifkan hadis tersebut meskipun diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

Tonton juga: Mengamalkan Ilmu | KH. M. Anwar Manshur

Membuktikan kebenaran

Apakah benar realitas ilmiah yang mereka ungkapkan itu bertolak belakang dengan apa yang diungkapkan oleh Rasulullah Saw, pendapat tersebut hanya sebatas klaim sepihak tanpa menyertai bukti ilmiah?

Fenomena ini membuka para ilmuwan Muslim untuk melakukan riset medis dalam rangka membuktikan kebenaran sabda utusan Allah Swt.

Forum kajian ilmiah Universitas King Abdul Aziz di Jeddah yang diprakarsai oleh Dekan Fakultas Hukum dan Ilmu Ushul bersama Dr. Abdullah Mushlih membuktikan adanya polusi pada air ketika lalat terjatuh ke dalamnya. Kemudian ketika lalat ditenggelamkan seluruh badannya, dan segera diangkat, seketika itu polusi air itu hilang secara berangsur, lalu air kembali jernih seperti semula. Beberapa ilmuan Mesir pun telah berhasil mengungkap fakta yang sama melalui uji klinis yang memakan waktu lebih dari 30 tahun.

Lalat memiliki kebiasaan hinggap di tempat-tempat kotor yang penuh dengan kuman penyakit. Sebagian kuman tersebut menempel di bagian tubuhnya dan sebagian lagi termakan. Dalam tubuh lalat, ada antibodi yang bereaksi terhadap kuman. Antibodi itu berupa senyawa yang disebut oleh pakar kedokteran sebagai antibacterial.

Antibacterial ini membunuh banyak kuman penyakit, sehingga tidak memungkinkan lagi bagi kuman-kuman tersebut untuk tetap hidup atau memberikan pengaruh terhadap tubuh manusia selama masih ada antibacterial ini.

Fakta membuktikan bahwa banyak orang dan dunia kedokteran mengakui bahwa untuk menyembuhkan kulit yang disengat kumbang atau kalajengking adalah dengan menggosokan lalat di tempat yang sakit, ini membuktikan adanya obat di dalam tubuh lalat.

Lalat mendahulukan sayap yang terdapat racun ketika terjatuh sebagai upaya perlindungan diri dari hewan lain atau bahaya yang mengancamnya. Tidak ada nash sharih yang menjelaskan sayap bagian mana yang mengandung penyakit. Dari pengamatan sebagian ulama menyatakan bahwa sayap kirilah yang membawa penyakit, melihat lalat senantiasa menjadikan sayap kirinya sebagai pelindung.

Baca juga: Metode Sukses Membangun Karir

Kesimpulan

Dari sini dapat disimpulkan bahwa ketika ada makanan atau minuman yang kemasukan lalat ketika di celup dan tidak ditenggelamkan memberikan hasil yang signifikan. Hal ini dapat membenarkan apa yang disabdakan Nabi Rasulullah SAW bahwa pada sayap lalat itu terdapat penyakit sekaligus penawarnya.

Lalat yang Selalu Sehat

Referensi:
Fathul Baari Syarh Shahih Bukhari,
Al-i’jaz fi as-Sunnah an-Nabawiyah,
Ath-thib an-Nabawi,
Studi Ilmiah Hadis Lalat Dalam Perspektif Islam Dan Ilmu Medis Modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.