Khotbah Jumat: Mendidik Anak

أَلْحَمْدُ لله الَّذِيْ جَعَلَ الْأَمْرَ بِالْمَعْرُوْفِ وَ النَّهْيَ عَنِ الْمُنْكَرِ مِنْ أُصُوْلِ الدِّيْنِ وَ أَكَّدَهُمَا بِقَوْلِهِ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ أَعُوْذُ بِالله مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلّاَ الله أَلْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِيْنُ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ صَادِقُ الْوَعْدِ الْأَمِيْن وَ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ عَلَى سَيَّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ  أما بعد أَيُّهَا الْحَاضِرِيْنَ اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ قال الله تعالى في القران الكريم : يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ ما بعد: فيايها الإخوان، أوصيكم و نفسي بتقوى الله وطاعته لعلكم تفلحون

Jemaah Jumat Yang Dimuliakan Allah..

Marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah swt. juga senantiasa menjaga dan mengarahkan agar keluarga kita sekalian menjadi keluarga yang bertakwa kepada Allah swt. Sebagai kepala keluarga, seorang suami memiliki tanggungjawab moral untuk menjadikan suatu keluarga, sebagai keluarga yang tidak keluar dari perintah-perintah Allah Ta’ala. Allah swt. berfirman:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

Artinya: “Jagalah dirimu beserta keluargamu dari siksa Neraka” (QS. at-Tahrim: 6)

Dengan apa kita menjaga keluarga kita dari api neraka? Maka tidak lain adalah dengan membimbingnya, dengan mengarahkannya pada apa-apa yang telah diperintahkan Allah swt. hal ini tidak bisa lepas dari pada kita mengajarinya ilmu syariat yang kelak akan menjadi pedoman dalam hidupnya.

Jemaah Jumat Yang Dimuliakan Allah..

Diantara yang terpenting dalam menjadikan keluarga yang baik, adalah bagaimana kita mendidik anak-anak kita. Hal apa saja  yang mula-mula harus kita ajarkan kepada mereka, lalu perasaan seperti apakah yang harus kita tanamkan kepada mereka. Diantara hal-hal yang harus kita tanamkan dan ajarkan sejak dini ialah sebagaimana yang disabdakan Rasulullah saw.  :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.