Khutbah Jumat Menyentuh Hati : Aspek Membina Keluarga Sakinah

Khutbah Jumat Menyentuh Hati : Aspek Membina Keluarga Sakinah

Lirboyo.net – Pada kesempatan kali ini, materi khutbah yang kami sajikan berkaitan dengan keharmonisan keluarga. Hal-hal apa saja yang harus terpenuhi agar tercipta keluarga yang sakinah. Simak khutbah berikut ini. Khutbah kali ini kami beri judul “Khutbah Jumat Menyentuh Hati : Aspek Membina Keluarga Sakinah”.

Khutbah Jumat Pertama

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ، وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً وَنِسَاءً. أَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى الَّذِي أَمَرَنَا بِالنِّكَاحِ وَنَهَانَا عَنِ السِّفَاحِ ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ ، الَّذِي خَلَقَ النِّكَاحَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ الَّذِي أَمَرَنَا بِاقْتِفَاءِ أَثَرِهِ وَسُلُوكِ طَرِيقِهِ. صَلَاةً وَسَلَامًا مُتَلَازِمَيْنَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ ، أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللَّهِ، أَوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللَّهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ : وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ.

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah, 

Pada kesempatan yang mulia ini marilah kita berusaha meningkatkan kadar iman dan takwa kepada Allah SWT. Dengan cara menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

Ketahuilah, keharmonisan dalam kehidupan keluarga akan tercipta bila diantara anggotanya saling menyadari bahwa masing-masing punya hak dan kewajiban, keharmonisan keluarga adalah adanya komunikasi aktif diantara mereka, terdiri dari suami istri dan anak atau siapapun yang tinggal bersama.

Hubungan yang harmonis adalah hubungan yang dilakukan dengan selaras, serasi dan seimbang. Hubungan tersebut diwujudkan melalui pola sikap serta perilaku yang saling peduli, menghormati, saling menghargai, membantu dan saling mencintai. Sebagaimana dalam al-Qur’an Surat Ar- Rum ayat 21 :

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Artinya :“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.” QS. Ar-Rum : 21

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah, 

Islam memberi petunjuk mengenai beberapa Aspek dari Keluarga Sakinah. diantaranya ialah Tercurahnya rahmat Allah Swt, Kemampuan menyelesaikan Konflik dalam keluarga, Berikhtiar dan bersyukur serta adanya kedudukan yang jelas dalam keluarga.

2 thoughts on “Khutbah Jumat Menyentuh Hati : Aspek Membina Keluarga Sakinah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.