Khutbah Jum’at Keutamaan Bulan Rajab

Khutbah Jumat Keutamaan Bulan Rajab

Khutbah I

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي جَعَلَ شَهْرَ رَجَبَ مِنْ أَفْضَلِ الشُّهُوْرِ وَفَتَحَ رَحْمَتَهُ وَمَغْفِرَتَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لا إلهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ الَّذِي بِيَدِهِ الخيرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ الَّذِي قَالَ: رَجَبُ شَهْرُ اللهِ وَشَعْبَانُ شَهْرِي وَرَمَضَانُ شَهْرُ أُمَّتِي. اللهُمَّ صَلَّ وَسَلّمْ عَلى سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ: فيا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah,

Marilah kita semua senantiasa meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt. dengan selalu mentaati aturan-aturan yang telah disyariatkan oleh Allah Swt. melalui perantara para Nabi-Nya.

Perlu kita ingat bahwa kita sekarang telah memasuki bulan Rajab yaitu salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt.

Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah,

Ketahuilah, bahwa lafadz Rajab itu terdiri dari tiga huruf. Yaitu huruf ro’, jim, dan ba’. Sebagian ulama menafsiri bahwa huruf ro’ menunjukkan رحمة الله (rohmatullah) yang artinya kasih sayang Allah Swt. Huruf jim menunjukkan جرم العبد (jurmul ‘abdi) yaitu dosa seorang hamba. Sedang huruf ba’ menunjukkan بر الله (birrullah) yaitu kebaikan Allah Swt. Dan ketiganya dapat dirangkaikan dalam kalimat:

يَا عَبْدِي جَعَلْتُ جُرْمَكَ وَجِنَايَتَكَ بَيْنَ بِريْ وَرَحْمَتِي.

“Wahai hamba-Ku, Aku jadikan dosamu dan kejahatanmu diantara kebaikan-Ku dan rahmat-Ku.”

Dengan kata lain Allah Swt. membukakan pintu rahmat dan ampunan-Nya dikarenakan kemuliaan bulan ini. Oleh karena itu marilah kita memanfaatkan kesempatan berharga di dalam bulan yang penuh berkah ini dengan memohon ampunan kepada Allah Swt., serta memperbanyak ibadah dan beramal saleh seperti memperbanyak dzikir.

Allah Swt. berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللهَ ذِكْرًا كَثِيرًا وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا. (الأحزاب : ٤١ – ٤٢)

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah Swt. dengan zikir sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada Allah Swt. di pagi dan sore hari” (Q.S. al- Ahzab: 41-42)

Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah,

Allah Swt. berfirman:

وَاسْتَغْفِرُوْا اللهَ إِنَّ اللهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ. (البقرة: ۱۹۹

“Dan mohon ampunlah kepada Allah Swt, sesungguhnya Allah Swt. adalah Dzat yang maha pengampun lagi maha penyayang”. (Q.S. al-Baqoroh: 199)

Para Ulama juga mengatakan bahwa bulan Rajab adalah bulan Istighfar, sedangkan bulan Sya’ban adalah bulannya bershalawat kepada baginda nabi Muhammad Saw. dan bulan Ramadhan adalah bulan Al-Qur’an.

Salah satu ulama mengatakan: “Barangsiapa yang beristighfar dalam bulan Rajab seraya membaca;

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَتُبْ عَلَيَّ

Dibaca sebanyak 70 kali maka dia tidak akan tersentuh api neraka”.

Oleh karena itu selayaknya bagi kita manusia yang berlumuran dosa ini memperbanyak istighfar dan juga bertaubat, karena sesungguhnya istighfar dan bertaubat adalah sebagian dari jalan terbaik untuk kita mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Kuasa dan juga sebagai lantaran agar kita mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat.

2 thoughts on “Khutbah Jum’at Keutamaan Bulan Rajab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.