Hukum Miss V Keluar Angin

Assalamualaikum Wr. Wb.

Admin yang saya hormati, minta pencerahannya mengenai hukum angin yang keluar dari lubang depan kemaluan wanita, apakah bisa membatalkan wudu atau tidak? Sekian, terima kasih atas tanggapannya.

Ririn, Madiun

Wassalamualaikum wr. Wb.

______

Admin, Waalaikumsalam wr. Wb.

Terima kasih telah berkenan menghubungi kami, semoga bisa membawa kemanfaatan.

Secara medis dari beberapa sumber yang kami dapatkan, mengatakan bahwa angin atau kentut yang keluar dari vagina adalah angin yang teperangkap atau tertahan. Sebagian wanita mengalami hal ini dan bukan tergolong masalah yang serius terhadap alat kelamin.

Jika kentut dari dubur mengeluarkan bau, karena memang bersumber dari saluran pencernaan, berbeda dengan kentut dari vagina, angin ini tidak berbau meski bisa juga menimbulkan suara saat keluar. Kebanyakan keluar saat beraktivitas olahraga atau tengah bersetubuh.

Soal apakah angin  yang keluar dari vagina bisa membatalkan wudu atau tidak, dari kalangan fuqaha terdapat dua pendapat; satu mengatakan bisa membatalkan wudu dan pendapat lainnya tidak membatalkan. Dari kalangan Syafi’iyah mengatakan bahwa kentut dari jalan depan, baik laki-laki maupun perempuan bisa membatalkan wudu, seperti yang disampaikan Imam Nawawi dalam Muhadzabnya juz II hlm. 4;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.