196 views

Sujud Sahwi dan Penyebabnya

Sujud sahwi merupakan sujud yang memiliki fungsi sebagai penambal dari komponen shalat, baik itu gerakan maupun bacaan yang terlewat. Entah terlewat karena lupa maupun disengaja, dengan ketentuan-ketentuannya yang jelas. Selain itu, sujud ini disyariatkan untuk mengecewakan setan yang telah menimbulkan kelupaan pada kita. Sujud sahwi ini juga dihukumi sunah bagi orang yang shalat sendirian atau munfarid dan wajib bagi makmum yang imamnya melakukan sujud.

Hal-hal yang menyebabkan sujud sahwi

Penyebab sunahnya melakukan sujud sahwi yakni si mushalli (orang yang shalat) meninggalkan suatu kesunahan dalam shalat. Namun kesunahan dalam shalat ini terkhusus pada sunah ab’adl yaitu sunah yang terdiri dari tasyahud awal, duduk pada tasyahud awal, qunut, shalawat kepada nabi dan keluarganya dalam bacaan doa qunut dan tasyahud akhir.

Selain itu, ketika terdapat kebimbangan dalam jumlah rakaat dan keraguan apakah tadi sudah mengerjakan sunah ab’adl atau belum? (insya Allah akan diulas pada artikel yang akan datang) Maka juga disunahkan juga untuk melakukan sujud sahwi.

Cara mengerjakan sujud sahwi

Yaitu setelah tasyahud akhir sebelum salam, menambah dua sujud beserta membaca kalimat tasbih dalam setiap sujud, sebagaimana berikut sebanyak tiga kali;

سُبْحَانَ الَّذِيْ لَايَنَامٌ وَلَا يَسْهُوْ

“Maha suci Dzat yang tak pernah tidur dan lupa.”

Catatan: Niat sujud diharuskan bagi imam, niat cukup dalam hati, jika dilafalkan maka batal. Sedang untuk makmum tidak perlu niat. Sekian, Wallahu a’lam. []

baca juga: Begini lho Cara Sujud Syukur yang Benar Lengkap Doa dan Syaratnya
jangan lupa untuk mengaji Mizanul Kubro bersama KH. Anwar Manshur di chanel youtube pondok lirboyo

Sujud Sahwi dan Penyebabnya
Sujud Sahwi dan Penyebabnya

2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.