Tak Berkategori

Bunga Istimewa Hanya Untuk yg Istimewa

Oleh: Bayu Gautama

Bunga adalah simbol kesegaran, keceriaan dan kebahagiaan. Bisa jadi ada makna yang lebih dalam dari penamaan Rasulullah atas putri tercintanya, Fatimah az Zahra, yang mana az Zahra sendiri berarti ‘bunga.’ Tidaklah mengherankan jika Fatimah menjadi anak yang paling disayang dibanding saudara-saudara Fatimah lainnya. Hal itu teriihat dari ungkapan Rasulullah, “Siapa yang membuatnya sedih, berarti juga membuat aku sedih. Dan barang siapa menyenangkannya, berarti menyenangkanku pula.”

‘Bunga’ Fatimah yang tumbuh dan berkembang dalam binaan langsung dari ayahanda Rasul yang baik, lemah lebut dan terpuji menjadikannya seorang gadis yang penuh kelembutan, berwibawa, mencintai kebaikan, plus akhlak terpuji meneladani sang ayah. Maka, tidaklah aneh, bunga yang di-nisbatkan Rasul menjadi wanita penghulu surga itu menjadi primadona di kalangan para sahabat Rasulullah.

Tercatat, beberapa sahabat utama seperti Abu Bakar dan Umar bin Khattab pemah mencoba melamar Fatimah. Hanya saja, sayangnya dengan halus Rasulullah menolak lamaran para sahabat itu. Hingga akhirnya datanglah Ali bin Abi untuk meminang Fatimah.

“Aku mendatangi Rasulullah untuk meminang putri beliau, yaitu Fatimah. Aku berkata: ‘Demi Allah aku tidak memiliki apa-apa, namun aku ingat kebaikan Rasulullah, maka aku beranikan diri untuk meminangnya’.” Akhirnya Rasulullah menerima pinangan Ali meski hanya mempersembahkan baju besi al Khuthaimah (yang juga merupakan pemberian Rasul).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.