Keluarga Era Sebelum Islam

Keluarga Era Sebelum Islam

Keluarga sebelum era Islam tercerai-berai, tidak ada silaturahim, tidak ada saling tolong-menolong dalam kerabat. Yang ada hanya rasa dengki dan permusuhan. Juga tidak ada harga diri dan kemuliaan di sisi perempuan.

Sebagai contoh, perempuan di zaman Yunani Kuno dicap sebagai pemuas kesenangan. Sampai mereka diperjual belikan di pasar-pasar.

Menurut orang-orang Eropa, perempuan tidak memiliki hak sama sekali dalam dirinya. Ia seperti diciptakan hanya untuk melayani laki-laki, ia tidak memiliki hak berpakaian, tidak memiliki hak dalam hartanya, walaupun itu hasil keringatnya sendiri.

Di kalangan orang Arab lebih parah lagi, mereka membunuh anak-anak perempuan. Seperti yang difirmankan oleh Allah dalam surah an-Nahl ayat 58-59:

وَإِذَا بُشِّرَ أَحَدُهُم بِٱلْأُنثَىٰ ظَلَّ وَجْهُهُۥ مُسْوَدًّا وَهُوَ كَظِيمٌ # يَتَوَٰرَىٰ مِنَ ٱلْقَوْمِ مِن سُوٓءِ مَا بُشِّرَ بِهِۦٓ ۚ أَيُمْسِكُهُۥ عَلَىٰ هُونٍ أَمْ يَدُسُّهُۥ فِى ٱلتُّرَابِ ۗ أَلَا سَآءَ مَا يَحْكُمُونَ

Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah. Ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaa,n ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)?. Ketahuilah, alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu.

Sebagian orang Arab juga menjadikan istri ayahnya seperti harta benda, diwariskan pada anak-anak mereka, dengan arti perempuan-perempuan itu menjadi istri anak mereka setelah diwariskan.

Hak-hak perempuan

Hak waris bagi perempuan pun diatur dalam Islam. Dalam firman Allah dalam surah An-Nisa ayat 7 tertera :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.