HomeAngkringSujud Tilawah dan Sujud Syukur

Sujud Tilawah dan Sujud Syukur

0 1 likes 848 views share

Di dalam Madzhab As-Syâfi’i, Macam sujud di luar salat ada dua, yaitu sujud tilawah dan sujud syukur. Sujud tilawah disunahkan ketika terbacanya ayat sajdah, sujud ini di sunahkan baik bagi pembaca maupun pendengar ayat sajdah, sedangkan sujud syukur di sunahkan bagi orang yang mendapatkan nikmat zahir atau terhindar dari bencana dhahir sebagai bentuk rasa syukur pada Allah SWT.

Sujud pada selain kasus di atas  maka hukumnya haram dan tidak diperkenankan bagi siapaun untuk melakukannya, bahkan sujud selain pada ketentuan diatas bisa berakibat kufur jika diniatkan sujud selain kepada Allah SWT. berbeda bila seseorang meletakkan kepalanya diatas tanah atas dasar karena ia merasa hina atau untuk merendahkan hati dengan tanpa berniat sujud, maka hal ini tidak diharamkan karena yang demikian bukan tergolong sujud.

Ketentuan sujud syukur dan tilawah (diluar sholat) adalah harus suci dari hadas, suci najis, menutup aurat, dan menghadap kiblat. Sedangkan cara melakukannya ialah pertama niat dan takbirotul ihram dengan mengangkat kedua tangan sebagai mana dalam salat, kemudian sujud satu kali, setelah itu duduk dan salam.

Sujud Tilawah

Sujud tilawah adalah sujud yang di lakukan karena membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah yang terdapat dalam Alquran, di sunahkan (bahkan sunah muakkad) melakukan sujud tilawah tersebut baik di lakukan di dalam shalat ataupun di luar salat. Tata cara sujud tilawah adalah sebagai berikut:

Teknis pelaksanaan:

  1. Ketika berada dalam shalat

Setelah musholli (orang sholat) selesai membaca ayat sajdah maka langsung sujud dengan disertai niat sujud tilawah tanpa melakukan takbirotul ihram kemudian melakukan sujud dan setelah selesai maka musholli kembali bangun dengan di sertai takbir untuk meneruskan salatnya. Sujud tilawah yang di kerjakan di dalam salat tidak memakai takbirotul ihram dan salam. namun bagi makmum tidak boleh mengerjakan sujud tilawah bilamana imamnya tidak mengerjakan, sekalipun makmum mendengar atau membaca ayat-ayat sajdah.

  1. Ketika di luar shalat

Setelah selesai membaca atau mendengarkan bacaan ayat sajdah maka langsung menghadap qiblat kemudian takbir di sertai niat lalu sujud, kemudian takbir untuk duduk lalu salam.

Niat sujud tilawah adalah :

نَوَيْتُ سُجُوْدَ التِّلاَوَةِ سُنَّةً للهِ تَعَالىَ

Bacaan sujud tilawah adalah :

سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصُوَّرَهُ وَشَقَ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ .

Apa bila tidak memungkinkan sujud Tilawah karena ada kesibukan atau lainnya, maka di anjurkan membaca tasbih 4 kali sebagai pengganti sujud tilawah.

4 x سُبْحَانَ الله وَالْحَمْد لله وَلَا إِلَه إِلَّا الله وَالله أكبر وَلَا حول وَلَا قُوَّة إِلَّا بِاللَّه الْعلي الْعَظِيم

Sujud Syukur.

sujud syukur adalah sujud yang di lakukan di luar shalat karena ada beberapa sebab. Berikut ini beberapa sebab di sunahkannya melakukan sujud syukur:

  1. Mendapatkan ni’mat yang tidak di sangka sebelumnya baik nikmat pada dirinya sendiri, kerabat, teman atau umat islam secara umum. Akan tetapi tidak disunahkan jika karena mendapat ni’mat yang terus menerus seperti ni’mat islam.
  2. Terhindar dari bencana atau musibah yang tidak di duga-duga sebelumnya seperti selamat dari tertimpa bangunan yang roboh akibat gempa atau selamat dari tenggelamnya kapal.
  3. Ketika melihat orang lain melakukan kemaksiatan sebagai rasa syukur bahwa dirinya tidak melakukannya.
  4. ketika melihat orang lain tertimpa musibah pada anggota badannya, seperti buta, tuli, atau gila. Namun pada saat melakukannya di sunahkan untuk tidak di perlihatkan padanya.

Adapun cara melakukan sujud syukur yaitu di lakukan di luar shalat dengan satu kali sujud di syaratkan dalam keadaan suci, menutup aurot, dan menghadap qiblat. Sementara rukun-rukunnya adalah sebagi berikut:

  1. Niat
  2. Takbiratulihram
  3. Sujud satu kali
  4. Duduk
  5. salam

Niat sujud syukur :

نَوَيْتُ سُجُوْدَ الشُّكْرِ سُنَةَ للهِ تَعَالَى

Bacaan sujud syukur sebagai berikut :

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَا رَكَ اللهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ.