24 views

Pembangunan Ruangan Kelas

LirboyoNet, Kediri – Jika beberapa hari lalu Pondok Pesantren Lirboyo membangun beberapa kamar baru, kini fokus pembangunan beralih pada lokal kelas yang digunakan untuk aktivitas belajar-mengajar.

Pembangunan yang berada di bawah pengawasan Seksi Pembangunan Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien (MHM) ini bukannya tanpa alasan. Menurut data statistik yang ada, untuk tahun ini jumlah santri Ponpes Lirboyo meningkat tajam. Sementara, jumlah lokal kelas dianggap kurang memadai untuk jumlah santri sebanyak itu. Maka, demi kenyamanan dalam kelangsungan belajar-mengajar, lokal pun ditambah.

Ada tiga lokal kelas yang digarap kali ini (05/11). Ini merupakan penambahan lokal di Gedung Al Ikhlas II, yang sebelumnya sudah berjumlah tiga lantai. Sebenarnya, untuk lantai dua dari gedung ini, sudah dicanangkan pondasi sebanyak lima lokal kelas. Namun, demi efektifnya waktu dan tenaga para santri, dibangunlah dahulu tiga lokal. Untuk dua lokal lainnya akan dilanjutkan di waktu mendatang.

Dalam pembangunan kali ini, tenaga dari seluruh santri dikerahkan. Mulai santri kelas 2 Ibtidaiyyah hingga kelas 3 Aliyah. Mereka terbagi menjadi beberapa shift. Sementara kelas 2 & 3 Aliyah yang menjadi penanggung jawab mesin cor, harus berada di lokasi sejak dimulai pagi pukul 06.30, hingga selesai.

Penambahan lokal ini juga merupakan salah satu perwujudan dari perintah Mbah Manab, pendiri Ponpes Lirboyo, “Santri kang durung bisa maca lan nulis, kudu sekolah.” ][

 

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.