HomeAngkringTanggung Jawab Seorang Pemimpin

Tanggung Jawab Seorang Pemimpin

1 3 likes 718 views share

Khalifah Umar bin Khathab memiliki kebiasaan berkeliling ke rumah-rumah penduduk untuk mengetahui secara langsung kondisi rakyat yg dipimpinnya. Ketika melewati sebuah rumah, Khalifah mendengar suara tangis seorang wanita. Beliau lantas menghentikan langkahnya. Didengarnya ada seorang wanita berkata kepada anak-anaknya, “Allah lah yg akan mengadili antara aku dan Umar bin Khathab.”
Khalifah Umar penasaran, ingin tahu apa yg terjadi dan juga ingin meredakan kesusahan yg dialami keluarga yg berada di rumah itu.

Beliau kemudian mengetuk pintu dan dipersilakan masuk. Seisi rumah itu belum pernah ada yg mengenal dan melihat wajah Umar bin Khathab.

Khalifah Umar bertanya kepada wanita yg ada di rumah itu, “Apa yg telah dilakukan Umar kepadamu?”

“Dia telah mengirim suamiku ke sebuah peperangan. Suamiku meninggalkan anak-anak yg masih kecil. Aku tidak memiliki apapun untuk aku gunakan menafkahi mereka.” jawab wanita tsb.

Seketika menangislah anak-anak kecil yg ada di situ sambil berkata, “Amirul mu’minin telah melalaikan kami.”
Tanpa pikir panjang Khalifah bergegas pamit. Beliau segera mengambil sekarung tepung dan beberapa potong daging yg diangkut ke atas punggungnya. Seseorang yg ada di sampingnya heran melihat Khalifah melakukan hal tsb. Dia kemudian berkata, “Letakkanlah, biar aku saja yg membawanya.”

“Tidak. Jika kamu memikul ini di dunia, siapakah yg akan memikul dosaku di hari kiamat kelak?” jawab Khalifah Umar dengan berlinang air mata.

Beliau menangis sampai memasuki rumah wanita yg dimasukinya tadi. Khalifah kemudian membuat tepung dari gandum yg dibawa, menghidupkan api di dapur dan memasak roti & daging. Setelah makanan matang, beliau membangunkan anak-anak kecil di rumah itu kemudian disuapi dengan tangan beliau sendiri hingga mereka kenyang.

Sebelum pamit Khalifah mengungkap siapa dirinya sambil memohon, “Jadikanlah diriku terbebas dari tuntutan. Jangan kalian tuntut aku di hari kiamat kelak.”

Mereka mengiyakan permohonan tersebut.
Khalifah lantas pulang dengan perasaan lega.

* * *

Sangat relevan dengan kisah ini, adalah sabda Rasulullah SAW.
سيد القوم خادمهم
“Pemimpin masyarakat adalah pelayan bagi mereka.”

***

Ya Allah, kami merindukan sosok pemimpin yg seperti ini.

***

Semoga pemimpin-pemimpin kita bisa meneladani sikap tanggung jawab Amirul Mu’minin Umar bin Khathab.