330 views

Dalil Ucapan Selamat Ramadhan

Dengan datangnya bulan Ramadhan suka cita datangnya bulan yang mulia tersebut sangat terasa bagi umat muslim di dunia tak terkecuali di Indonesia. Berbagai ekspresi kebahagian terpancar dari wajah umat muslim. Ucapan selamat akan datangnya bulan Ramadhan terdengar dimana-mana. Bahkan, banyak sekali ditemukan dibaliho-baliho besar yang terpasang di setiap pertigaan jalan.

Perlu diketahui bahwa ucapan selamat tersebut sebagaimana telah diajarkan oleh Rasululloh Saw. beliau bersabda:

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ إِفْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ، يُفْتِحُ فِيْهِ أَبْوَابَ الْجَنَّةِ ويُغْلِقُ فِيْهِ أَبْوَابَ الْجَحِيْمِ وَتُغَلُّ فِيْهِ الشَّيَاطِيْنُ، فِيْهِ لَيْلِةٌ خِيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan bulan penuh berkah, Allah Swt. mewajibkan atas kalian untuk berpuasa. Dibulan Ramadhan Allah Swt. membuka pintu-pintu surga, menutup pintu-pintu neraka jahanam dan para setan dibelenggu. Dibulan Ramadhan ada satu malam yang lebih mulia dari pada seribu malam”

Terkait hadist tersebut Imam ibn Rojab menjelaskan:

هَذَا الْحَدِيْثُ أَصْلٌ فِيْ تَهْنِئَةِ النّاَسِ بَعْضَهُمْ بَعْضاً بِشَهْرِ رَمَضَانَ كَيْفَ لَا يَبْشِرُ الْمُؤْمِنُ بِفَتْحِ أَبْوَابِ الْجِنَانِ، كَيْفَ لَا يَبْشِرُ الْمُذْنِبُ بِغَلْقِ أَبْوَابِ النِّيْرَانِ، كَيْفَ لَا يَبْشِرُ الْعَاقِلُ بِوَقْتٍ يُغَلُّ فِيْهِ الشَّيَطِانُ.

“Hadis ini merupakan dasar diajarkannya mengucapkan selamat atas datangnya bulan Ramadhan kepada setiap orang. Bagaimana orang mukmin tidak berbahagia dengan dibukanya pintu-pintu surga, bagaimana seorang pendosa tidak berbahagia dengan ditutupnya pintu-pintu neraka, bagaimana orang yang berakal tidak berbahagia dengan dibelenggunya para setan”[1]

Maka dari itu sudah selayaknya bagi kita sebagai umat muslim untuk merayakan kedatangan bulan Ramadhan, menampakkan kemuliaan ajaran agama yang telah diajarkan oleh baginda nabi Muhammad Saw.


Menentukan Awal Ramadahan Dengan Ru’yatul Hilal

Niat Puasa Satu Bulan Penuh, Niat Puasa Instagram

[1] Al-Affani, Abu at-Turob Sayyid ibn Husain ibn Abdillah, Nida` ar-Royyan Fi Fiqh as-Shoum Wa Fadl Ramadlan, CD Maktabah syamela.

Dalil Ucapan Selamat Ramadhan
4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.