Doa Akhir dan Awal Tahun

Alhamdulillah, tidak terasa beberapa hari lagi kita akan berpisah dengan 1436 Hijriyah. Artinya kita bakal bersua dengan tahun baru, 1437 Hijriyah. Semoga tahun yang kita lewati meninggalkan berbagai pelajaran untuk bekal menjadi lebih baik di tahun berikutnya. Dan semoga saja, tahun yang akan kita lalui berjalan penuh keberkahan, selalu dalam ridla Allah SWT.

Sebagaimana perintah syariat, ibadah di bulan Muharram yang berdasar pada hadis sahih hanya ada dua macam, yaitu berpuasa dan memberi kelonggaran kepada keluarga (تَوْسِعَةُ الْعِيَالِ). Namun yang diterima dari keterangan sebagian ulama yang mulia, bahwa amaliyah yang ada pada bulan Muharram ada dua belas: Salat (yang baik salat tasbih), Puasa, Sedekah, Memberi kelonggaran pada keluarga, Mandi, Ziarah pada orang alim yang soleh, Menjenguk orang sakit, Mengungkapkan rasa sayang pada anak yatim, Celakan (memoleskan bubuk hitam pada kening bulu mata), Memotong kuku, Membaca surat Al-Ikhlas seribu kali dan Silaturrahim.

Menurut Imam Nawawi al-Bantani dan al-Jawi, dua belas hal tersebut yang berdasar hadis hanya puasa dan memberi kelonggaran pada keluarga. Sedangkan yang sepuluh hadisnya tidak shahih, namun meskipun begitu boleh diamalkan untuk fadhailul a’mal. Sebagaimana keterangan dalam kitab Nihayatu al-Zain.

Memang benar adanya jika perayaan 1 Muharram tidak pernah diajarkan dalam Islam, baik dari Alquran, hadis, ijma maupun qiyas. Artinya, perayaan tidak pernah diperintahkan dan tidak pernah dilarang. Namun pertanyaannya, apakah lantas kegiatan perayaan 1 Muharram itu kita tentang, diharamkan?

Mengenai perayaan 1 Muharram, asal tidak menganggap itu ibadah tidak apa-apa, artinya jawaz. Asal tidak mengakibatkan orang awam menganggap bahwa perayaan itu diperintahkan. Jika akan berakibat hal diatas maka hukumnya makruh, sebagaimana keterangan dalam kitab Durru An Nadlid. Jadi salah besar apabila ada yang mengatakan memperingati 1 Muharram itu haram. Hanya sebatas makruh, itu pun hukum perayaannya, bukan isi perayaannya. Coba saja jika perayaan itu kita isi dengan istighotsah atau tahlil bersama, apa lantas istighotsah itu juga dihukumi haram? Mungkin perlu ditegaskan kembali, yang makruh perayaannya, bukan isi dari kegiatannya.

Doa Akhir Tahun. Doa ini dibaca 3x sesudah salat Ashar (waktu tenggelamnya matahari) akhir bulan Dzulhijjah. Ada sebuah riwayat mengatakan, “Barang siapa membaca doa akhir tahun, maka setan berkata, ‘Celakalah aku semua. Yang aku usahakan menggoda anak Adam selama satu tahun ini sia-sia. Semuanya rusak, lebur dengan waktu yang amat singkat. Sebab dibacakan doa akhir tahun.”

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اللهم مَا عَمِلْتُ فِى هٰذِهِ السَّنَةِ الْمَاضِيَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَنَسِيْتُهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلُمْتَ عَنِّيْ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جِرَائَتِيْ عَلَيْكَ. اللهم إِنِّيْ أَسْتَغْفِرُكَ مِنْهُ يَا غَفَّارُ فَاغْفِرْلِيْ. اللهم وَمَاعَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ وَالْغُفْرَانَ فَتَقَبَّلْهُ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا عَظِيْمَ الرَّجَاءِ يآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Doa Awal Tahun, dibaca 3x sesudah magrib tanggal satu bulan Muharram.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَمْلَأُ بِهَا خَزَائِنُ اللهم أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَجُوْدِكَ الْمَعُوْلِ وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ نَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَآئِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَالْإِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.