127 views

Kamar Baru Santri Lirboyo

LirboyoNet, Kediri – Melihat data yang menunjukkan kenaikan drastis jumlah santri Pondok Pesantren Lirboyo, dari 13 ribu sekian di tahun 2014 menjadi 16 ribu sekian di tahun ini, tentu membuat Pengurus Pondok berpikir keras. Bagaimana agar mereka semua dapat tinggal dengan nyaman, sehingga proses belajar pun berlangsung dengan tenang.

Dan di awal tahun pelajaran ini, masyayikh Lirboyo merestui Pengurus Pondok Lirboyo membangun kamar baru. Berlokasi di sebelah utara gedung Lajnah Bahtsul Masail atau di lantai tiga kamar Blok R, sedang dibangun delapan kamar sekaligus, yang berukuran masing-masing 4×4 meter.

Pembangunan kamar baru ini dimulai sejak satu bulan yang lalu, dan alhamdulillah berjalan lancar sampai hari ini. “Prediksi kami, bangunan ini membutuhkan waktu tujuh bulan untuk siap dipakai. Ya, kira-kira enam bulan lagi,” terang Bapak Imam Sibaweh Sanusi, Kasie Pembangunan Pondok Pesantren Lirboyo.

Bapak Sibawih saat ditemui LirboyoNet di tengah-tengah pekerja.
Bapak Sibaweh saat ditemui LirboyoNet di tengah-tengah pekerja.

Pembangunan kamar baru ini memerlukan dua puluhan pekerja yang terbagi menjadi dua sif. Yang pertama bekerja sejak pukul delapan hingga sebelas siang, kemudian dilanjutkan sif kedua jam satu siang hingga jam empat sore.

Untuk membangun delapan kamar ini, dibutuhkan dana sekitar 640 juta, atau 80 juta perkamar. “Itu masih bangunannya saja. Jika ditambah perlengkapan kamar dan lain-lain, pokoknya siap huni, bisa 90-an juta perkamar. Dan setahu saya, untuk memenuhi kebutuhan dana sebanyak itu, pihak pondok secara khusus tidak menarik iuran baik kepada santri ataupun walinya. Bayar bulanannya santri ya tidak naik, tetap segitu saja. Saya juga tidak tahu lebih jauh soal dananya, itu urusannya ketua pondok,” imbuh Pak Sibaweh. ][

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.