Menelusuri Faedah Siwak

Menelusuri Faedah Siwak part 2

Menelusuri faedah siwak. sebuah sajian sederhana dan cukup menarik yang perlu kita ketahui sebagai seorang penganut risalah kenabian, juga berguna untuk menambah wawasan keagamaan kita bersama. Telah maklum bahwa siwak termasuk salah satu kesunahan yang mendapat rekomendasi khusus dari baginda Nabi Muhammad Saw. Disamping tercatat mengikuti sunnah Nabi, siwak juga memiliki faedah-faedah yang sangat banyak. Banyak sekali para cendekiawan muslim yang menjelaskan persoalan ini dalam karangan-karangan mereka. Dunia kedokteran pun juga mengakui bahwa siwak itu juga sangat bermanfaat untuk Kesehatan seseorang.

Siwak adalah sepotong bagian (dahan, ranting, atau akar) pohon yang berfungsi untuk membersihkan gigi, gusi, dan mulut. Biasanya, siwak terbuat dari bagian pohon arok (Salvadora persisca). Namun, bukan berati pohon lainnya tidak dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan siwak. Selama bahan yang digunakan lunak nan lembut, tentu siwak dapat terbuat dari bahan itu. Dengan kata lain, dahan, ranting, dan akar yang keras tidak dapat menjadi bahan dasar pembuatan siwak karena bagian-bagian yang keras itu akan merusak gusi maupun gigi. Selain lunak dan lembut, siwak pun harus bersifat bisa membersihkan, mengangkat plak gigi, dan memiliki serat. Serat-serat yang terdapat pada siwak nantinya akan membersihkan seisi mulut, khususnya gigi, gusi, dan sela-sela antara keduanya. Sifatnya yang mudah basah pun mempermudah proses pembersihan tersebut.

Dalam Sirah Nabawiyah terdapat penjelasan bahwasanya siwak merupakan salah satu rutinitas yang paling disukai oleh Rasulullah Saw, nabi sangat menganjurkan umatnya untuk bersiwak sebagai upaya membersihkan diri dan menjaga kesehatan serta bagian dari upaya peningkatan keimanan seorang muslim.

Dalil Bersiwak

Ada beberapa hadits yang menjadi dalil dalam bersiwak. salah satunya adalah sabda Nabi Muhammad Saw berikut ini :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : ( لَوْلاَ أنْ أشُقَّ عَلَى أُمَّتِي – أَوْ عَلَى النَّاسِ – لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلاَةٍ ) متفقٌ عَلَيْهِ

Artinya :“Seandainya tidak memberatkan umatku—atau tidak memberatkan manusia—, aku pasti memerintahkan mereka untuk bersiwak bersamaan dengan setiap kali shalat.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 887 dan Muslim, no. 452].

Dalam kesempatan ini, marilah kita menelusuri faedah siwak yang kami kutipkan dari beberapa literatur kitab kuning yang otoritatif serta telah teruji keautentikannya.

Faedah-Faedah Siwak Menurut Ulama :
  1. Membersihkan mulut.
  2. Mendapat ridho Allah Swt.
  3. Memutihkan gigi.
  4. Menyegarkan bau mulut.
  5. Meratakan punggung.
  6. Menguatkan gusi.
  7. Memperlambat penuaan.
  8. Membersihkan warna kulit.
  9. Menambah kecerdasan.
  10. Melipatgandakan pahala ibadah.
  11. Mempermudah sakaratul maut.
  12. Mengingatkan akan syahadat saat ajal tiba.
  13. Mendatangkan kelapangan dan kekayaan.
  14. Mempermudah dan memperlancar rezeki.
  15. Membuat nyaman mulut.
  16. Meringankan dan menenangkan sakit kepala.
  17. Menghilangkan segala kotoran dan lendir yang ada di kepala.
  18. Menguatkan gigi.
  19. Mempertajam penglihatan.
  20. Menambah pahala kebaikan.
  21. Menggembirakan malaikat, membuat malaikat menyambutnya sebab cahaya wajahnya, dan malaikat akan mengiringinya ketika hendak keluar melakukan salat.
  22. Membuat menerima buku catatan amal menggunakan tangan kanan.
  23. Menghilangkan penyakit kusta.
  24. Membuat harta berkembang.
  25. Membuat banyak keturunan.
  26. Menjadi penghibur saat di kuburnya kelak.
  27. Membuat malaikat maut datang dengan rupa yang baik saat pencabutan ruhnya.
  28. Menambah kefasihan lisan.
  29. Menguatkan hafalan.
  30. Dan lain-lain.

Berikut referensi keterangan tersebut yang kami kutip dari kitab I’anah ath-Thalibin ‘Ala Fath al-Mu’in dan Hasyiah al-Qalyubi wa ‘Umairah :

Referensi pertama
  • I’anah ath-Talibin ‘Ala Hilli Alfaz Fath al-Mu’in, Juz 1 halaman 57

منها: أنه يطهر الفم، ويرضي الرب، ويبيض الأسنان، ويطيب النكهة، ويسوي الظهر، ويشد اللثة، ويبطئ الشيب، ويصفي الخلقة، ويزكي الفطنة، ويضاعف الأجر، ويسهل النزع، ويذكر الشهادة عند الموت. وإدامته تورث السعة والغنى وتيسر الرزق، وتطيب الفم، وتسكن الصداع، وتذهب جميع ما في الرأس من الأذى والبلغم، وتقوي الأسنان، وتجلي البصر، وتزيد في الحسنات، وتفرح الملائكة وتصافحه لنور وجهه وتشيعه إذا خرج للصلاة، ويعطى الكتاب باليمين، وتذهب الجذام، وتنمي المال والأولاد، وتؤانس الإنسان في قبره، ويأتيه ملك الموت عليه السلام عند قبض روحه في صورة حسنة

Referensi Kedua
  • Hasyiah al-Qalyubi wa ‘Umairah ‘Ala Kanz ar-Raghibin, Juz 1 Halaman 59

وذكر بعضهم له فوائد تزيد على السبعين منها أنه يبيض الأسنان، ويزيل القلح عنها وحفرها، ويثبتها، ويزيل بلة اللثة ورخاوتها والرائحة الكريهة ويحمر اللون ويدفع فساده ويقيم الصلب ويصلب اللحم ويرضي الرب ويزيد ثواب الصلاة ويذكر الشهادة عند الموت  

Faedah-faedah ini merupakan sebagian kutipan yang disampaikan oleh para cendekiawan muslim atau Ulama. Mereka  yang mampu mengetahui rahasia dan hikmah siwak dari dalil-dalil al-Quran dan Hadits nabi. Tentunya masih banyak lagi faedah dalam siwak, Sebab terdapat sebuah Riwayat mengatakan faedah siwak hampir berjumlah 30 lebih. Bahkan, Ada pula yang mengatakan  hingga 70 lebih. dan apabila ditelusuri lebih lanjut, banyak juga dari kalangan dokter modern yang ikut andil meneliti manfaat yang ada dalam kayu siwak (arok). Bahkan, tidak hanya dari sisi luar kayu arok saja, tapi juga partikel-partikel yang ada dalam kayu tersebut, yang menurut mereka mengandung zat-zat luar biasa yang bisa memberikan dampak positif pada tubuh manusia, terutama dalam hal kesehatan dan suasana hati. Lalu, apa saja komentar-komentar mereka terkait kayu siwak (arok) tersebut?. Zat-zat apa saja yang terkandung dalam kayu siwak?. jawabannya akan kami ulas pada kesempatan berikutnya.

  • I’anah ath-Talibin ‘Ala Hilli Alfaz Fath al-Mu’in, Juz 1 halaman 57
  • Hasyiah al-Qalyubi wa ‘Umairah ‘Ala Kanz ar-Raghibin, Juz 1 Halaman 59

Baca juga : Fikih Siwak

Subscribe and like : Pondok Lirboyo

Menelusuri Faedah Siwak
Menelusuri Faedah Siwak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.