Meramaikan Hari Santri dengan Ngaji

    LirboyoNet, Kediri – Jika di Unit Al Mahrusiyah pagi tadi ada upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka ikut mensyukuri ditetapkannya 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN), di lokasi lain, tepatnya di serambi masjid Pondok Pesantren Lirboyo, alumni Pondok Pesantren Lirboyo mengikuti rutinan pengajian Kitab Hikam yang dibacakan oleh Romo KH. M. Anwar Manshur.

    Alumni dari berbagai daerah hadir mengikuti pengajian, bahkan seperti biasanya, kendaraan pribadi dan minibus dengan plat luat kota juga banyak terlihat parkir. Agenda bulanan yang di gelar pagi hingga siang tadi berjalan lancar. Acara dimulai dengan tahlil bersama, dilanjutkan dengan pembacaan kitab, tausiyah dari pengasuh, lalu ditutup dengan doa.

    Mungkin karena kebetulan hari ini bertepatan dengan deklarasi HSN, KH. M. Anwar Manshur dalam tausiyahnya juga sedikit bercerita tentang perjuangan para kiai dan santri dulu. “Kebetulan hari ini adalah hari santri. Ya, meski sejarahnya (mungkin maksud beliau adalah kronologi ditetapkannya hari santri, -red.) saya sendiri tidak tahu. Yang jelas seingat saya, waktu itu para kiai dan para santri sama-sama berjuang. Ada yang bertempur memegang senjata dan sebagian yang lain ikut mendoakan. Seingat saya juga dulu Mbah Kiai Abdul Karim, Mbah Kiai Ma’ruf, Mbah Kiai Abu Bakar, dalam satu kesempatan pernah dibawa ke Surabaya. Jadi soal hari santri ini menurut saya intinya adalah mengenang pergerakan para ulama dan santri berjuang mengusir penjajah. Untuk ikut meramaikan hari santri tentu banyak bentuk acaranya, seperti pengajian ini juga ya dalam rangka meramaikannya,” ungkap beliau yang saat ini berusia 75 tahun. Para alumni terlihat khidmat mendengarkan, terlebih saat menceritakan kisah para kiai, raut kesedihan beliau terlihat jelas dan sesekali menyeka matanya dengan tissu. /-

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.