Keutamaan Melaksanakan Sholat Sunah Rawatib

keutamaan sholat sunah rawatib

Sholat Sunah Rawatib – Anda pernah tahu, bahwa melakukan sholat sunah rawatib sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. Nabi Muhammad dalam kesehariannya selalu menyempatkan waktu untuk melakukan kesunahan ini.

Pengen tahu bagaimana keutamaan yang didapat dengan melakukan sholat rawatib ini? Mari simak ulasannya berikut.

Disyariatkan Melakukan Sholat Sunah Rawatib

keutamaan sholat sunah rawatib
pixels.com

Agama Islam mensyariatkan untuk melaksanakan sholat sunah sebelum atau setelah melaksanakan sholat fardhu. Nama lainnya adalah melaksanakan sholat sunah rawatib. Tujuannya tidak lain untuk menyempurnakan sholat fardhu yang kita kerjakan, di mana barangkali memiliki kekurangan, maka sholat rawatib tersebut dapat menyempurnakan kekurangan dari sholat fardhu yang dikerjakan.

Sholat rawatib yang disyariatkan oleh Nabi Muhammad sebagaimana tabel berikut:

tabel sholat rawatib
lirboyo.net

Banyak sekali hadis-hadis nabi yang menjelaskan tentang keutamaan melaksanakan sholat sunah ini, di antaranya:

Keutamaan Melaksanakan Sholat Rawatib Sebelum Subuh

Keutamaan melaksanakan sholat sunah rawatib sebelum subuh
pixels.com

من صلى قبل الفجر ركعتين وقبل الظهر أربعا وبعدها أربعا وأربعا قبل العصر دخل الجنة

“Barangsiapa yang melaksanakan sholat sunah sebelum fajar 2 rakaat, sebelum dan sesudah dzuhur 4 rakaat, serta sebelum ashar 4 rakaat, maka ia akan dimasukkan ke dalam surga.” 

Tidak hanya itu, menurut Imam Muslim dalam hadis yang lain mengungkapkan bahwa bagi orang yang mengerjakan sholat 2 rakaat sebelum subuh, baginya lebih baik daripada dunia dan seisinya.

ركعتان الفجر خير من الدنيا وما فيها (رواه مسلم)

“Melaksanakan dua rakaat sebelum sholat subuh itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)

Peringatan Rasulullah agar Tidak Meninggalkan Sholat Sunah Sebelum Subuh

keutamaan melaksanakan sholat sunah rawatib setelah dzuhur
pixels.com

Rasulullah mengingatkan kepada kita agar jangan sampai meninggalkan sholat sunah dua rakaat sebelum subuh, walaupun terdapat musuh yang berusaha menghalangi agar kita tidak melakukannya. Kemudian, Rasulullah juga memerintahkan kepada kita agar supaya istiqomah dalam melakukan sholat sunah tersebut baik dalam keadaan berkendara maupun sedang berlayar, walaupun tidak menghadap ke qiblat.

Sebab begitu pentingnya melaksanakan sholat sunah 2 rakaat sebelum sholat subuh ini, Rasulullah sampai memperingatkan kepada kita dengan sedemikian rupa, sehingga anjuran itu jika meninggalkannya hukumnya makruh.

Sunah juga bagi orang yang melaksanakan sholat sunah 2 rakaat sebelum subuh, agar memisahnya sholat sunah tersebut dengan sholat fardhu subuh. Caranya dengan berbaring menggunakan lambung sebelah kanan. Jikapun susah, maka memisahnya dapat dengan menggunakan kalimat (ucapan), atau bisa juga berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain, seperti memindahkan satu jangkah kaki ke sisi kanan maupun kiri.

Keutamaan Melaksanakan Sholat Rawatib Dzuhur

keutamaan melaksanakan sholat sunah rawatib
pixels.com

Rasulullah juga menganjurkan kepada kita agar tidak meninggalkan sholat sunah rawatib 4 rakaat sebelum sholat Dzuhur.

من صلى قبل الظهر أربعا كان كعدل رقبة من بنى إسمعيل (رواه الطبرانى)

“Barangsiapa yang melaksanakan sholat sunah sebelum Dzuhur 4 rakaat, maka ia seperti memerdekakan budak dari Bani Ismail.” (HR. At-Thabari)

Memerdekakan budak dari golongan Bani Ismail ini sungguh sangat mulia. Kemuliaan ini bisa didapat karena dari keturunan Nabi Ismail inilah yang kemudian akan menurunkan Nabi Muhammad, yang di akhirat kelak akan mensyafaati kita semua.

Keutamaan Melaksanakan Sholat Rawatib Ashar

anjuran melaksanakan sholat rawatib
pixels.com

Rasulullah juga melaksanakan sholat 4 rakaat sebelum Ashar. Bahkan karena pentingnya sholat sunah rawatib ini, Rasulullah saw sampai berdoa: 

رحم الله امرئ صلى أربعا قبل العصر (رواه أحمد و أبو داود و الترمذى)

“Semoga Allah memberikan rahmat kepada orang yang melaksanakan sholat sunah 4 rakaat sebelum Ashar.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan at-Tirmidzi)

Doa ini merupakan doa khusus yang dipanjatkan oleh Nabi Muhammad bagi orang yang melaksanakan sholat sunah sebelum Ashar. Mudah sekali bagi kita untuk mendapatkan doa khusus dari Rasulullah hanya dengan melaksanakan sholat tersebut. Karena kekhususan ini, baiknya bagi kita untuk tidak sampai meninggalkan kesunahan ini.

Keutamaan Melaksanakan Sholat Rawatib Maghrib

berdoa kepada allah

من صلى بعد المغرب ركعتين قبل أن يتكلم كتبتا فى عليين ( رواه عبد الرزاق عن مكحول)

“Barangsiapa yang melaksanakan sholat setelah Maghrib 2 rakaat sebelum ia berbicara, maka dari sholat tersebut akan ditempatkan baginya di tempat yang tinggi.” (HR. Abdur Razaq dari Makhul)

Maksud dari kalimat ‘sebelum ia berbicara’ yaitu pembicaraan-pembicaraan yang berhubungan dengan dunia. Jadi ketika pembicaraan mencakup akhirat, seperti wirid maupun membaca sholawat, maka tidak dianggap sebagai pembicaraan yang memisahkan sholat fardhu Maghrib dengan sholat sunah 2 rakaat setelah Maghrib.

Keutamaan Melaksanakan Sholat Rawatib Isya

anjuran rasulullah untuk melaksanakan kesunahan
pixels.com

من صلى أربع ركعات بعد العشاء قبل أن يتكلم فكأنما أدرك ليلة القدر

“Barangsiapa yang melakukan sholat 4 rakaat setelah sholat Isya sebelum ia berbicara, maka baginya seperti mendapatkan malam Lailatul Qodar.”

Menemukan malam lailatul qodar termasuk juga hak istimewa yang umat Nabi Muhammad miliki. Karena dengan hanya beribadah sebentar, kita seperti halnya telah melakukan ibadah selama 1000 bulan, bahkan lebih baik dari itu. Sehingga, mau alasan apalagi kita tidak mengerjakan kesunahan ini?

Melaksanakan Sholat di Tempat yang Tertutup

sholat sunah rawatib
pixels.com

Terdapat sebuah hadis yang menjelaskan keutamaan orang yang melaksanakan sholat di tempat-tempat yang tidak terlihat oleh orang lain. Hadisnya sebagai berikut:

من صلى ركعتين فى خلاء لايراه إلا الله والملائكة كتب له براءة من النار (رواه ابن عساكر عن جابر) 

“Barangsiapa yang melaksanakan sholat 2 rakaat di tempat yang sepi, yang tidak terlihat kecuali oleh Allah dan para malaikat, maka Allah menuliskan baginya terbebas dari api neraka.” (HR. Ibnu ‘Asakir dari Jabir)

Hadis ini ingin menegaskan kepada kita bahwa alangkah baiknya sholat sunah yang akan kita kerjakan tersebut baiknya agar dilakukan di tempat yang tertutup (tidak dilihat oleh orang lain). Akan tetapi, jikapun dilakukan di tempat yang terbuka dan dilihat oleh orang lain, hal tersebut tidak dipermasalahkan.

Kesimpulan

Itulah keutamaan-keutamaan yang bisa kita dapat dengan melakukan sholat sunah rawatib di setiap waktunya. Semoga Allah memberikan pertolongan kepada kita semua agar bisa istiqomah melakukan sholat-sholat sunah tersebut dan mendapatkan keutamaannya.

Anda bisa membaca artikel kami yang lain di website lirboyo.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.