37 views

Weekend Ala Santri

LirboyoNet, Kediri – Jika ada yang berpikir kehidupan di dalam pesantren itu membosankan, tentu tidak bisa disalahkan. Namanya juga pikiran mereka yang tidak kenal. Jadi mana mungkin mereka bisa mengerti, apalagi bisa sayang. Biarkan saja, orang pesantren harus memaklumi mereka. Seperti halnya rutinitas santai di akhir pekan, siapa kira para santri juga tidak punya. Ya, meski waktu dan cara menikmatinya beda.

Kami kira seperti halnya pesantren lain (terutama yang berhaluan salaf), akhir pekan bagi para santri ada pada hari Jumat. Pada hari tersebut, rata-rata kegiatan yang harus dikerjakan para santri libur, digantikan kegiatan ektrakurikuler. Kegiatan seperti ini kebanyakannya tidak harus diikuti oleh setiap santri, tergantung minat masing-masing mereka.

Di Pondok Pesantren Lirboyo sendiri, kegiatan di luar mengkaji kitab kuning banyak ragamnya. Mulai dari kursus bahasa Arab dan Inggris, komputer (hardware dan software), pencak silat, jurnalistik, sampai kursus belajar organisasi. Kegiatan tersebut kebanyakan dilakukan pada hari Jumat, karena seperti halnya pencak silat, ada agenda latihan selain di hari Jumat.

Bagi mereka yang kebetulan tidak ada rutinitas, mulai Kamis sore sampai Jumat sore, banyak juga yang sekedar menghabiskan waktu santai di lapangan Aula Muktamar. Sambil menikmati kopi atau sekedar ngobrol bareng teman-teman menikmati pemandangan Gunung Klotok, bagi para santri mungkin sudah ‘sama rasanya’ seperti menikmati weekend di taman kota. /-

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.