Do’a KH. M. Anwar Manshur Kepada Santri Diberikan Kemudahan Ziarah Ke Baitullah

LirboyoNet, Kediri, Kamis (27/10/22) – Pondok Pesantren Lirboyo kembali mengadakan Rutinan Pengajian Kamis Legi yang bertepatan dengan tanggal 01 Robi’ul Akhir 1444 H di Aula Al-Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.

Pembacan kitab Syarah Al-Hikam karya Muhammad bin Ibrahim ar-Randi ini dimulai dari qouluhu: (وقال أبو يزيد رضي الله عنه أولياء الله تعالى) cetakan Haramain, juz 2, halaman 2 sampai qouluhu: (حفظ النفس فى المعصية ظاهر جلى) halaman 4, yang dibacakan oleh Romo KH. M. Anwar Manshur.

Dalam kesempatan yang dihadiri oleh ratusan alumni tersebut, KH. M. Anwar Manshur mendawuhkan:

Alhamdulillah, kita semua diberikan nikmat (oleh Allah SWT) mau mengaji, itu besar-besarnya nikmat. Karena orang yang tidak mau mengaji tidak tahu ilmu. Orang yang tidak tahu ilmu, maka tidak bisa beramal.

Makanya alhamdulillah, kita semua oleh Gusti Allah diberikan nikmat yang sangat besar. Mari, asal tidak sibuk sekali jangan sampai tidak datang. Kalau tidak mau mengaji, (maka) tidak paham. Lantaran mengaji itu, insya allah oleh Gusti Allah diberikan kepahaman tentang barang yang baik dilakukan dan barang yang buruk dijauhi. Itulah nikmat yang sangat besar.

baca juga: Keistimewaan Rasulullah dan Sayyidah Fatimah

Makanya mari, di dalam kita melaksanakan ngaji itu, jangan sampai kalau tidak repot sekali, jangan sampai tidak berangkat.”

Beberapa hari sebelumnya, Romo KH. M. Anwar Manshur usai melaksanakan umroh. Dalam dawuhnya, beliau melanjutkan:

“Saya baru pulang silaturrahmi dari Baitul Haram. Menghaturkan salam bagi orang-orang yang mengirimkan salam. Kalian jawab: Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.”

Yang dijawab serentak oleh para hadirin yang sedang mengaji kitab Syarah al-Hikam: “Wa’alaikumsalam warahmatulllahi wabarokatuh.”

“Semoga, kalian bisa cepat menyusul. Jika sudah waktunya, akan mudah saja. Jika belum waktunya, akan sulit. Akan tetapi jika sudah waktunya, insya allah akan dimudahkan. Semoga semuanya diberikan kemudahan untuk ziarah ke Makkah.”

Anda bisa menontonnya di RUTINAN PENGAJIAN KEMIS LEGI | Kitab Al-Hikam #5

Pembacan Kitab Syarah Al-Hikam & Dawuh KH. M. Anwar Manshur