Keistimewaan Rasulullah dan Sayyidah Fatimah

  • Nur Muhammad Alfatih
  • Okt 26, 2022

Dawuh KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus

Rasululah SAW merupakan pilihan Allah. Dalam hadis qudsi (dijelaskan):

لولاك (يا محمد) ما خلقت الأفلاك

“Kalau bukan kamu (Ya Muhammad) maka Aku (Allah) tidak menjadikan cakrawala (bumi, langit, bulan, matahari, dll.)” (Al-Hadis)

Jadi planet-planet, bumi, matahari, bulan, ini dijadikan sebab Rasulullah SAW. Dan Rasulullah ini orang-orang tua beliau adalah orang yang disucikan oleh Allah SWT. Dalam arti orang tua, kakek-kakek beliau ini tidak pernah berbuat yang melanggar syariat (berzina). Naudzubillah min dzalik.

Rasulullah SAW dimuliakan oleh Allah sebab adalah kekasih Allah. Nabi Muhammad dimuliakan juga karena Allah. Dan beliau adalah orang yang pertama kali membuka pintu surga.

Orang-orang dahulu (minal awwalin wal akhirin), semenjak Nabi Adam sampai umat Nabi Muhammad ketika menghadapi Hari Kiamat itu susah. Sebab Hari Kiamat adalah hari yang dahsyat. Lantas orang-orang yang beriman kepada nabinya, menghadap ke Nabi Adam untuk meminta syafaat (petolongan). Namun Nabi Adam tidak sanggup. Nabi Adam menunjuk Nabi Nuh, Nabi Nuh juga tidak sanggup. Nabi Nuh menunjuk Nabi Ibrahim, Nabi Ibrahim pun tidak sanggup. Nabi Ibrahim menunjuk Nabi Musa, Nabi Musa tidak sanggup. Nabi Musa menunjuk Nabi Isa, Nabi Isa tidak sanggup. Kata Nabi Isa, “Wahai manusia, datangilah Rasulullah Saw.” Lantas Rasulullah minta kepada Allah.

Kemudian orang-orang yang dahulu (orang-orang yang beriman minal awwalin wal akhirin), masuk surga sebab syafaat Rasulullah SAW. Allahummarzuqna syafaaata Rasulillah SAW.

Keistimewaan Sayyidah Fatimah

Dan di antara putra-putri beliau yang memiliki khoshais adalah Sayyidah Fatimah. Beliau adalah seorang wanita, namun menentukan nasab. Sayyidina Ali RA ketika Sayyidah Fatimah masih hidup, maka Sayyidina Ali punya tempat di hati masyarakat, di pandang oleh masyarakat. Namun ketika Sayyidina Ali ditinggal oleh Sayyidah Fatimah wafat, maka masyarakat kurang perhatian kepada Sayyidina Ali. Ini dengan arti ketika Sayyidah Fatimah masih hidup, kedudukan Sayyidina ali oleh sahabat dan masyarakat dimuliakan.

Umat yang Terbaik

Umat Kanjeng Nabi SAW adalah umat yang terbaik. Nabinya terbaik dan umatnya adalah umat yang terbaik. Ada khoshais yang diberikan oleh Allah kepada umat Nabi Muhammad di antaranya adalah diberikannya malam Lailatul Qodar.

Maka ada ulama yang mengatakan bahwa wajib untuk bersyukur bagi orang yang menjadi umatnya Rasulullah SAW. Bilamana orang tidak bersyukur menjadi umat Rasulullah, maka dikhawatirkan orang tersebut nanti meninggal dalam keadaan su’ul khatimah. Nauudzubillah mindzalik.

Rasulullah saw memiliki visi misi menyempurnakan akhlak. Nisbatnya rumah sudah indah, namun ada beberapa yang belum disempurnakan. Maka yang menyempurnakan adalah Kanjeng Nabi. Jadi yang menyempurnakan akhlak adalah kanjeng nabi. Nisbatnya bangunan itu sudah dibangun, namun ada beberapa yang belum indah. Dan yang menyempurnakannya keindahan itu adalah Rasulullah.

Keutamaan Membaca Sholawat

Orang yang membaca sholawat satu kali, maka orang tersebut diberi rahmat sepuluh oleh Allah. Maka tidak diragukan lagi, orang yang diberi rahmat oleh Allah, diberi kasih sayang oleh Allah, maka orang tersebut dimasukkan ke surganya Allah. Allahumma ajirna minan naar. Allumma adkhilna Jannah. Amin yarobbal alamin.

Anda bisa melihat dawuh aslinya di sini
Baca juga: Daging Kambing Makanan Favorit Rasulullah dan Mitos Darah Tinggi

Keistimewaan Rasulullah dan Sayyidah Fatimah
Keistimewaan Rasulullah dan Sayyidah Fatimah

3

Post Terkait :

One thought on “Keistimewaan Rasulullah dan Sayyidah Fatimah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.