HomeAngkringHal Yang Sangat Ditakuti Kiai Mahrus Aly

Hal Yang Sangat Ditakuti Kiai Mahrus Aly

0 6 likes 3.4K views share

Kiai Mahrus Aly dikenal sebagai sosok kiai yang tegas dan pemberani, bahkan kepada penguasa orde baru pada saat itu. Saat listrik baru masuk ke pondok Lirboyo, beliau dengan tegas mengatakan kepada pemerintah bahwa jika listrik ini murni untuk kemudahan pendidikan beliau sangat berterima kasih, namun jika ini bermuatan politik maka beliau mempersilahkan agar listrik ini dicabut kembali.

Namun dari itu, ada hal yang sangat ditakuti oleh Kiai Mahrus, bahkan mendengar nama seseorang yang berkaitan dengan hal itu saja sampai membuat beliau sakit.

Kisahnya, kisaran tahun 1958 M. para kiai NU Jawa Timur bersepakat mengangkat Mbah Mahrus untuk menjabat Rais Syuriah PWNU Jatim. Untuk itu, para kiai mengutus Kiai Imron Hamzah sowan ke lirboyo guna meminta kesediaan Mbah Mahrus. Hasilnya, sebagaimana yang dapat diduga, Mbah Mahrus Menolaknya.

Tidak putus asa, beberapa hari kemudian Kiai Imron Hamzah kembali datang ke Lirboyo dengan tujuan yang sama. Namun apa yang terjadi? Begitu mendengar Kiai Imron Hamzah datang lagi, beliau Mbah Mahrus langsung sakit.

Oleh sebab demikian, sampai-sampai isteri Mbah Mahrus memohon kepada Kiai Imron agar tidak datang Lagi Ke Lirboyo sebab Kiai Mahrus sangat trauma mendengar nama Kiai Imron. Karena takutnya beliau diangkat jadi Rais Syuriah.

Walau pun kemudian Mbah Mahrus tidak bisa mengelak ketika para Kiai dan Peserta Konferwil NU Jawa Timur memberikan amanah kepada beliau untuk menduduki jabatan Rais Syuriah PWNU Jawa Timur.(IM)