Hukum Mengadakan Tasyakuran Sebelum Berangkat Haji

tasyakuran keberangkatan haji

Haji merupakan rukun Islam yang menjadi kebanggan umat Islam tersendiri. Tak jarang bagi orang yang berkesempatan berangkat haji ke Mekah-Madinah, mereka mensyukurinya dengan acara tasyakuran antar keluarga atau bahkan sekampung.

Tidak hanya itu, belakangan juga sering kita temukan di sebagian daerah ada yang mengumpulkan beberapa orang untuk menggelar tasyakuran berangkat haji guna  memanjatkan doa dan mengirimi pahala bacaan al-Fatihah, surat Yasin atau bacaan Burdah untuk keselamatan jamaah haji yang sedang menempuh perjalanan hajinya.

Praktik demikian tidak luput dari dilema. Ada yang ragu akan pengadaan tasyakuran tersebut apakah terdapat anjuran syariat di dalamnya atau tidak, kemudian pembacaan surat al-Fatihah, Yasin dan bacaan burdah yang pada praktiknya oleh masyarakat ditujukan kepada jamaah haji yang masih hidup apakah sampaikah pahalanya dan lain sebagainya.

1. Hukum Mengadakan Tasyakuran Sebelum Berangkat Haji

Anjuran mensyukuri nikmat Allah banyak adanya. Dalam beberapa tempat Allah menyerukan seluruh hambanya untuk senantiasa bersyukur. Dalam al-Baqarah ayat 152 Allah berfirman:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلا تَكْفُرُونِ

Artinya: Ingatlah kepadaku maka aku akan mengingat  kalian. Bersyukurlah dan jangan kufur.

Nabi Muhammad pernah melakukan sholat sampai kedua kakinya bengkak. Melihat kejadian itu, Sayyidah ‘Aidyah khawatir dan bertanya “Wahai Rosulullah mengapa sampai demikian? Sungguh Allah telah mengampuni dosamu yang telah lampai dan yang akan terjadi” Rosulullah yang mulia menanggapi dengan sahaja lewat dawuh beliau:

يَا عَائِشَةُ أَفَلَا أَكُونُ عَبْدًا شَكُورًا

Artinya; Wahai ‘Aisyah apakah aku tidak mau dikatakan hamba yang bersyukur?

Anjuran Allah dan Rosulullah telah memberikan kita kepahaman bahwa para hamba sangat perlu bersyukur. Sehingga Ibnu Athaillah mendefinisikan syukur sebagai:

الشكر قيد للموجود صيد للمفقود

Artinya: Syukur adalah tali untuk nikmat yang sudah didapat dan alat pemburu untuk nikmat yang belum digapai.

Lantas bagaimana bila syukur kita balut dengan acara tasyakuran yang menghadirkan banyak orang?

Perihal keraguan anjuran syariat tentang tasyakuran calon jamaah haji hukumnya boleh dan bisa sunnah. Selagi tidak ada perkara mungkar di dalamnya. Bahkan yang mendapat pahala dari bacaan yang ada dalam tasyakuran tersebut adalah orang yang membaca dan calon jamaah haji juga Dalam kitab Rosa’I al-Salafiyyah halaman 46 mushonnifnya menjelaskan:

العادة الجارية في بعض البلدان من الاجتماع في المسجد لتلاوة القرآن على الأموات وكذلك في البيوت وسائر الاجتماعات التي لم ترد في الشريعة لا شك إن كانت خالية عن معصية سالمة من المنكرات فهي جائزة لأن الاجتماع ليس بمحرم بنفسه لا سيما إذا كان لتحصيل طاعة كالتلاوة ونحوها

Artinya: Adat yang terlaku di sebagian daerah perihal perkumpulan di masjid atau rumah seraya membaca al-Qur’an. Tidak ada keraguan (hukumnya boleh) selagi tidak terkontaminasi dengan perkara mungkar. Karena perkumpulan demikian sedari awal hukumnya memang tidak haram apalagi jikalau dibarengi dengan tindakan taat seperti pembacaan al-Qur’an atau yang lainnya.

2. Sampainya Pahala Yang Ditujukan Kepada Keselamatan Jamaah Haji Yang Masih Hidup

Keraguan yang kedua yakni perihal keraguan atas sampainya pemberian pahala terhadap jamaah haji yang notabenenya masih hidup masih saja kita dengar. Yang sering kita dengar

وَأَنْ لَيْسَ لِلإِنْسَانِ إِلا مَا سَعَى

Artinya: Dan bahwasanya setiap seorang manusia tidak memperoleh kecuali yang telah diusahakan.

 

Meskipun ayat ini tampak memiliki arti bahwa setiap orang ketika ingin memperoleh pahala maka haruslah berusaha terlebih dahulu. Namun dalam beberapa kitab klasik, banyak ulama menjelaskan bahwa pengiriman doa dan sodaqah pahalanya akan sampai.

Dalam kitab Bariqah Mahmudiyyah juz 2 halaman 99 mushonnifnya menjelaskan bahwa setiap dari manusia yang berniat menjadikan amal kebaikannya untuk orang lain baik yang sudah wafat atau yang masih hidup maka hukumnya boleh, bahkan menurut ahlusunnah wal jama’ah pahalanya akan sampai. Berikut keterangannya:

اعلم أن الأصل في جنس هذا الباب أن للإنسان أن يجعل ثواب عمله لغيره من الأموات أو الأحياء حجا أو صلاة أو صوما أو صدقة أو غيرها كتلاوة القرآن وسائر الأذكار فإذا فعل شيئا من هذا وجعل ثوابه لغيره جاز بلا شبهة ويصل إليه عند أهل السنة والجماعة لكن الاستئجار لا يجوز عندنا في باب الحج وقال مالك والشافعي يجوز ذلك في الصدقة والعبادة المالية وفي الحج ولا يجوز في غيرها من الطاعات كالصلاة والصوم وقراءة القرآن وغيره

 3. Mendoakan Orang Lain Ketika Di Mekkah-Madinah Dan Ketika Sudah Sampai Di Tanah Air

Sebagai tambahan, bagi jamaah haji yang sudah sampai di Indonesia hukumnya juga sunnah melakukan ziaroh haji, shodaqoh, saling do’a mendo’akan dan lain-lain. Ada keterangan menarik di dalam kitab Hasyiyat al-Jamal ‘Ala al-Minhaj juz 2 halaman 554 “Disunnahkan bagi orang yang melaksanakan haji mendoakan orang lain semoga diampuni dosanya walaupun orang lain itu tidak meminta didoakan. Bagi yang tidak kesampaian berangkat haji sunnah meminta doa kepada jamaah haji. Dalam hadis diterangkan: ‘Jika kamu bertemu dengan orang yang melaksanakan haji maka ucapkan salam dan berjabatlah tangan dan mintalah doa”. Imam al-Allamah al-Manawi menjelaskan bahwa permintaan doa itu terdapat waktunya tersendiri. Bagi beliau orang hanya bisa minta doa kepada jamaah haji jika belum sampai ke tanah kelahiran namun Sebagian ulama menyampaikan permintaan doa itu waktunya sampai 40 hari dari kedatangan jamaah haji”

 

Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menjadikan para jamaah haji semakin yakin atas amalan yang sudah menjamur di masyarakat. Perihal tasyakuran sebelum pemberangkatan, sampainya pahala untuk keselamatan jamaah haji dan mendoakan orang lain ketika sudah sampai di tanah air. Aamiin

 

 Baca juga: Kunci Memperoleh Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

Jangan Lupa Kunjungi Media Sosial Pondok Pesantren Lirboyo : InstagramFacebookYoutube.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.