817 views

KH. Athoillah Sholahuddin Anwar : Keistimewaan Sholawat

Salah satu keistimewaan di Pondok Pesantren Lirboyo yang ada, adalah bacaan sholawat yang sudah di ijazahkan oleh Masyayikh Pondok Lirboyo yang berbunyi Shalallaahu ‘ala Muhammad. Sholawat ini diijazahkan oleh Kiai Mahrus, dan dibacakan 1000 kali dalam sehari.

Sewaktu sekolah di Tebuireng, Kakek Kiai Atho’ dimintai ijazah oleh sebagian orang yang sowan kepada beliau. Dawuh beliau kurang lebih, “Panjenengan perbanyak baca sholawat saja. Karena berkat sholawat, insyaAllah diberikan keselamatan. Walaupun sampean tidak sakti, tidak kebal, tapi diberi keselamatan, pasti enak.”

Beliau mengungkapkan bahwa orang yang paling enak adalah orang yang selamat. Ibarat kata orang yang sakti, meskipun kebal, tetapi tidak selamat, maka percuma.

Salah satu keistimewaan orang yang membaca sholawat adalah akan ditemui Rasulullah SAW. ketika ia sakaratul maut. Karena yang paling sulit dalam hidup seseorang adalah ketika ia sakaratulmaut. Saat sakaratul maut inilah seorang hamba ditentukan nasibnya, husnul khotimah atau tidak.

Bersungguh-sungguh adalah kunci

Apa yang kamu tanam, itu yang kamu petik. Kurang lebih demikianlah dawuh Kiai Atho’ untuk santri-santri yang sedang belajar. Bukan hanya seberapa baik tanaman kita, tetapi juga cara kita merawat tanaman itu bersungguh-sungguh atau tidak.

Apa yang menjadi berkah saat berjuang di tengah masyarakat, adalah hasil jerih payah dari tanaman yang kita panen ketika di pondok. Keberkahan ilmu bisa diperoleh dengan bersungguh-sungguh. Karena bersungguh-sungguh adalah kunci untuk kesuksesan.

Tidak lupa, beliau juga mengingatkan kepada para santri agar menjaga kesehatan. Semoga para Masyayikh dan santri di lirboyo selalu diberikan kelancaran dalam menjalankan aktifitas belajar dan mengajar.

Majelis Sholawat Kubro #3

Baca juga : Upacara dan Perlombaan Bentuk Syukur Atas Nikmat Kemerdekaan

2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.