HomeAngkringMuhafadlah

Muhafadlah

0 1 likes 1K views share

Muhafadlah, adalah sebuah metode sederhana yang dikembangkan oleh Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo, untuk memudahkan para siswa dalam menghafalkan bait-bait (Nadzom) pelajaran, sehingga para siswa akan lebih mudah memahami, karena sudah dilandasi dengan hafalan yang kuat.
Metode klasik ini, sebetulnya sudah ada pada zaman keemasan Islam, yakni sekitar abad 15 Hijriyah, dimana para pelajar Islam tengah menempuh pendidikan di daerah Kuffah dan Basroh, Irak. Metode muhafadlah adalah membaca nadzam pelajaran secara bersama-sama, dengan diiringi nada yang sesuai, sehingga menghafalkan akan terasa lebih mudah.

Saat ini Metode Muhafadlah sudah dikembangkan dengan baik oleh Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo, mulai muhafadlah Mingguan hingga Muhafadlah Akhirussanah yang dilaksanakan setahun sekali, sekaligus sebagai persyaratan mengikuti ujian.

Dalam Muhafadlah Mingguan, setiap tingkatan wajib mengikuti kegiatan tersebut, bahkan dibuatkan absen khusus Muhafadlah, sehingga perkembangan prestasi hafalan santri akan lebih mudah dipantau, Sedangkan muhafadlah akhirussanah, penataan manajemen dan persiapannya dilaksanakan lebih maksimal, karena selain sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian, Muhafadlah Akhirussanah adalah barometer untuk mengukur prosentase prestasi kelas secara umum.