Niat Puasa Sunah Muharam

Niat Puasa Sunah Bulan Muharram

Bulan Muharram bukan hanya awal tahun hijriyah, tetapi juga bulan yang penuh berkah di dalam Islam. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah puasa sunnah, yang memiliki keutamaan tersendiri, terutama pada hari-hari tertentu seperti Tasu’a dan Asyura.

Artikel ini akan mengulas niat-niat puasa sunnah di bulan Muharram beserta keutamaannya, serta bagaimana menjalankannya dengan penuh kesadaran dan keberkahan.

Keutamaan Puasa di Bulan Muharram

Puasa sunnah di bulan Muharram memiliki kedudukan istimewa di dalam Islam. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa puasa di bulan ini, khususnya pada hari Asyura (tanggal 10 Muharram), merupakan puasa yang sangat dianjurkan setelah puasa Ramadhan. Selain itu, puasa pada hari Tasu’a (tanggal 9 Muharram) juga sangat dianjurkan sebagai bentuk penghormatan terhadap peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam.

Baca Juga: Ketika wanita tidak

Niat-Niat Puasa Sunnah di Bulan Muharram

  1. Niat Puasa Muharram: نَوَيْتُ صَوْمَ الْمُحَرَّمِ لِلّٰهِ تَعَالَى Nawaitu shaumal Muharrami lillâhi ta’âlâ. Artinya: “Saya niat puasa Muharram karena Allah SWT.”
  2. Niat Puasa Tasu’a (9 Muharram): نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُوعَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى Nawaitu shauma Tâsû’â-a lillâhi ta’âlâ. Artinya: “Saya niat puasa Tasu’a karena Allah SWT.”
  3. Niat Puasa Asyura (10 Muharram): نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُورَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى Nawaitu shauma ‘Âsyûrâ-a lillâhi ta’âlâ. Artinya: “Saya niat puasa Asyura karena Allah SWT.”
  4. Niat Puasa Hari ke-11 Muharram: نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ عَاشِرٍ لِلّٰهِ تَعَالَى Nawaitu shauma yawmi ‘âshirin lillâhi ta’âlâ. Artinya: “Saya niat puasa hari ke-11 Muharram karena Allah SWT.”

Tips Melaksanakan Puasa Sunnah di Bulan Muharram

  • Meningkatkan Amalan Ibadah: Selain puasa sunnah, luangkan waktu untuk berzikir, membaca Al-Qur’an, dan berbuat kebaikan kepada sesama.
  • Menjaga Niat dan Kesungguhan: Ingatlah bahwa niat kita adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, bukan untuk pamer atau sekadar rutinitas.
  • Berbagi Berkah: Manfaatkan kesempatan bulan Muharram untuk berbagi dengan sesama, seperti memberi makanan kepada yang membutuhkan.

Puasa sunnah di bulan Muharram adalah peluang emas untuk mendapatkan keberkahan dan pahala besar dari Allah SWT. Dengan menjalankannya dengan niat yang tulus dan penuh kesungguhan, kita dapat mendekatkan diri kepada-Nya dan meraih keberkahan dalam setiap langkah ibadah yang kita lakukan.

Jangan lupa kunjungi akun media sosial Pondok Lirboyo. FacebookInstagramYoutube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.