Solusi Mencari Barang Hilang Versi Abu Hanifah

Sebagai ulama ahli fikih yang terkenal dengan kedalaman ilmunya, tak heran jika Imam Abu Hanifah menjadi rujukan dari setiap permasalahan yang dialami umat Islam kala itu. Bahkan masyarakat sering pula menanyakan persoalan dan mencari solusi yang sebenarnya bukan ‘wilayah’ Imam Abu Hanifah. Seperti yang pernah dilakukan oleh salah seorang pemuda. Ia mengadu kepada imam Anu Hanifah perihal barangnya yang hilang.

Aku menyimpan barangku di suatu tempat. Namun aku lupa dimana tempat itu.” keluh pemuda tersebut.

Itu bukan permasalahan fikih, maka aku tak bisa membantumu. Tetapi pulanglah, dan lakukan salat sunah mulai malam hingga menjelang pagi. Maka dengan izin Allah, engkau akan mengingatnya kembali.” perintah Abu Hanifah.

Mendengar jawaban tersebut, pemuda itu lantas benar-benar melakukannya. Tak sampai empat rakaat, ia telah mengingat letak barang yang dicarinya.

Seketika itu pula, pemuda tersebut menemui Abu Hanifah kembali dan menceritakan apa yang terjadi semalam. Dengan santai, Abu Hanifah menjawab, “Aku tahu bahwa setan tidak mau meninggalkanmu shalat dalam keadaan khusuk sehingga ia berusaha mengingatkanmu.”  jawab Abu Hanifah “Namun bagaimana kalau kamu menyempurnakan salatmu hingga esok sebagai bentuk rasa syukurmu pada Allah.” lanjutnya.

_______________________________

Disarikan dari kitab Habib Zein bin Ibrahim bin Smith yang berjudul  Al-Fawaid Al-Mukhtaroh, hal. 142.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.