HomeAngkringRencana Iblis Saat Hari Raya

Rencana Iblis Saat Hari Raya

0 3 likes 217 views share

Rasulullah SAW pernah bersabda:

اِجْتَهِدُوْا يَوْمَ الْفِطْرِ فِي الصَّدَقَةِ وَأَعْمَالِ الْخَيْرِ وَالْبِرِّ مِنَ الصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ وَالتَّسْبِيْحِ وَالتَّهْلِيْلِ فَإِنَّهُ الْيَوْمُ الَّذِيْ يَغْفِرُ اللهُ تَعَالَى فِيْهِ ذُنُوْبَكُمْ وَيَسْتَجِيْبُ دُعَائَكُمْ وَيَنْظُرُ اِلَيْكُمْ بِالرَّحْمَةِ

Bersungguh-sungguhlah di hari raya Idul Fitri untuk bersedekah dan melakukan amal kebaikan seperti salat, zakat, tasbih, dan tahlil. Karena sesungguhnya pada hari itulah Allah SWT mengampuni dosa kalian, menerima doa kalian, dan melihat kalian dengan kasih sayang”.

Dari hadis tersebut, Rasulullah SAW begitu menekankan akan pentingnya berbuat kebaikan di hari raya Idul Fitri. Secara substansial, anjuran tersebut ditujukan agar umat Islam tidak hanya terlena dengan kemeriahan dan euforia. Karena pada hari raya Idul Fitri, iblis justru memanfaatkannya sebagai kesempatan berharga yang tak boleh dilewatkan untuk membujuk manusia ke dalam jurang kemunkaran.

Diriwayatkan dari Wahab bin Munabbih, Rasulullah SAW pernah menceritakan:

Setiap pagi di hari raya idul Fitri, golongan iblis selalu mengadakan perkumpulan bersama keluarganya. Di setiap perkumpulan yang ada, perbincangan soal manusia tak pernah mereka lewatkan.

Wahai kekasihku, apakah yang membuat marah. Katakanlah, agar aku bisa menghilangkan rasa marahmu,” ucap salah satu iblis.

Tidak ada.” jawab salah satu keluarga iblis. Kemudian ia melanjutkan jawabannya, “Akan tetapi karena Allah telah mengampuni umat Islam di hari raya ini, maka aku perintahkan kepada kalian agar membuat mereka terlena. Bujuklah mereka agar berfoya-foya dengan kesenangan, syahwat, dan minuman keras. Karena dengan begitu Allah akan memurkai mereka”.

 

______________

Disarikan dari kitab Dzurrotun Nashihin, hal. 263, cet. Al-Haromain