20 views

Santri Lirboyo Menikmati Hujan Pertama

Kalau kata Andrea Hirata, hujan pertama akan turun pada dua oktober. Setelah itu, hujan akan sering turun setelah ashar, dengan rintik yang tak lebat juga tak hemat. Dan hari ini, dua Oktober, setelah sekian lama bumi Lirboyo diguyur hujan.

Di Lirboyo, hujan pertama kali disyukuri dengan berlari. Dari kamar menuju lapangan barat Aula Muktamar. Ada yang datang sendiri. Ada yang sembari menarik lengan teman. Ada yang membawa gayung mungil, ada yang menggendong teman kecil. Mereka semua mempunyai rekah bibir yang sama: tertawa lega. Juga merayakan hal yang sama: hujan yang dirindukan telah datang setelah salat istisqa dilaksanakan tiga kali. Para masyayikh sendiri menganjurkan santri untuk mandi di bawah guyuran hujan pertama ini. Tentu saja anjuran ini bukan karena mitos, melainkan lebih karena adanya anjuran Rasulullah.

Hujan memang tidak sampai satu jam lamanya. Tapi ratusan santri yang ada di lapangan terlanjur bahagia. “Siapa sih yang gak senang, Kang. Sudah lama gak hujan-hujanan,” ucap Maulana, diiringi sorak-sorai teman-temannya. Begitulah kang santri menikmati hujan pertamanya, bagaimana dengan Anda? ][

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.