1.194 views

Berbisnis dengan Allah

Dalam sebuah kisah, Sayyidina Ali yang tinggal bersama lima orang di kediamannya. Yakni termasuk Sayyidah Fatimah, Sayyid Hasan, dan Sayyid Husein. Di satu kesempatan Mereka pernah tidak makan selama tiga hari. Sayyidah Fatimah saat itu hanya memiliki selendang untuk ia jual.

Sayyidina Ali pun menjual selendang putri Rasulullah itu dengan harga 6 dirham, lalu ia sedekahkan hasil penjualan itu untuk orang-orang yang fakir. Beberapa saat setelah itu, Malaikat Jibril menemui Sayyidina Ali dengan wujud manusia bersama unta yang bagus.

“Belilah unta ini,” ucap Malaikat Jibril.

“Belilah, dan bayarlah nanti saat kau sudah punya uang,” ujar Malaikat Jibril setelah mengetahui, bahwa Sayyidina Ali tidak memiliki uang untuk membeli unta tersebut.

“Berapa harus kubayar unta ini?”

“Bayarlah dengan 100 dirham.” Sambung Malaikat Jibril.

Sedekah 1 berbanding 10

Sayyidina Ali pun membawa unta itu, sebelum akhirnya bertemu dengan Malaikat Mikail. “Bolehkah aku beli unta ini,” ujarnya. “Silahkan, aku menjualnya seharga 100 dirham.” Jawab Sayyidina Ali.

Malaikat Mikail membeli unta itu dari Sayyidina Ali seharga 160 dirham. Sebagai untung dari pembeliannya 100 dirham. Sayyidina Ali pun akhirnya menjual unta hasil kredit tersebut. Malaikat Jibril pun menemuinya kembali. “Apakah kamu sudah menjual untamu?” ujarnya. “Aku ingin meminta hak milikku yang kemarin.”

Sayyidina Ali pun menyerahkan 100 dirham kepada Malaikat Jibril sesuai kesepakatannya kemarin. Ia pun pulang dengan membawa 60 dirham tersisa.

“Darimana engkau mendapatkan ini?” Ujar Sayyidah Fatimah, ia tidak akan mengira bahwa selendangnya bisa dijual seharga 60 dirham.

“Aku berbisnis bersama Allah. Kuberikan 6 dirham, Allah membalasnya dengan 60 dirham. Setiap dirhamku, berbanding 10 dirham dari Allah.” Ucap Sayyidina Ali. Tentu saja ini berkat sedekah yang dilakukan Sayyidina Ali, setelah menjual selendang milik Sayyidah Fatimah dengan ikhlas.

Baca juga: Unta yang Meluruskan Hukum Rasulullah Saw.

Beberapa hari kemudian, Sayyidina Ali menemui Rasulullah SAW dan menceritakan apa yang terjadi pada dirinya kemarin. Rasulullah bersabda, “Orang yang datang kepadamu, dan menjual unta adalah Malaikat Jibril. Sedangkan yang membelinya adalah Malaikat Mikail. Unta itu adalah kendaraan Fatimah di Hari Kiamat kelak.”

Jika ada orang yang paling bersyukur di dunia ini, orang tersebut adalah Sayyidina Ali RA. Beliau mendapatkan hal yang tidak pernah didapatkan oleh siapapun. Ia memiliki istri putri Rasulullah, memiliki anak yang menjadi cucu beliau, dan tentu menjadi menantunya.

Silahkan Baca juga : Ujian Masuk Santri Baru

Tonton juga di Youtube Pondok Lirboyo : Nikmatnya Mencari Ilmu | KH. AHS. Zamzami Mahrus

7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.