Berbisnis dengan Allah

Berbisnis dengan Allah

Dalam sebuah kisah, Sayyidina Ali yang tinggal bersama lima orang di kediamannya. Yakni termasuk Sayyidah Fatimah, Sayyid Hasan, dan Sayyid Husein. Di satu kesempatan Mereka pernah tidak makan selama tiga hari. Sayyidah Fatimah saat itu hanya memiliki selendang untuk ia jual.

Sayyidina Ali pun menjual selendang putri Rasulullah itu dengan harga 6 dirham, lalu ia sedekahkan hasil penjualan itu untuk orang-orang yang fakir. Beberapa saat setelah itu, Malaikat Jibril menemui Sayyidina Ali dengan wujud manusia bersama unta yang bagus.

“Belilah unta ini,” ucap Malaikat Jibril.

“Belilah, dan bayarlah nanti saat kau sudah punya uang,” ujar Malaikat Jibril setelah mengetahui, bahwa Sayyidina Ali tidak memiliki uang untuk membeli unta tersebut.

“Berapa harus kubayar unta ini?”

“Bayarlah dengan 100 dirham.” Sambung Malaikat Jibril.

Sedekah 1 berbanding 10

Sayyidina Ali pun membawa unta itu, sebelum akhirnya bertemu dengan Malaikat Mikail. “Bolehkah aku beli unta ini,” ujarnya. “Silahkan, aku menjualnya seharga 100 dirham.” Jawab Sayyidina Ali.

Malaikat Mikail membeli unta itu dari Sayyidina Ali seharga 160 dirham. Sebagai untung dari pembeliannya 100 dirham. Sayyidina Ali pun akhirnya menjual unta hasil kredit tersebut. Malaikat Jibril pun menemuinya kembali. “Apakah kamu sudah menjual untamu?” ujarnya. “Aku ingin meminta hak milikku yang kemarin.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.