Kejadian yang Melatarbelakangi Dianjuran Membaca Qunut Nazilah

Kejadian yang melatarbelakangi dianjuran membaca qunut nazilah | Mengutip dari The Great Episodes of  Muhammad  yang ditulis oleh Dr. Said Ramadhan Al-Buthy pada bulan Shafar tahun ke-4 Hijriyah Nabi Muhammad kedatangan seorang tamu yang menghendaki Nabi berkenan mengutus para sahabat mengajarkan agama Islam di daerah Najd.

Kala itu, rombongan sahabat yang berjumlah 70 orang lebih dikenal sebagai sahabat Al-Qurra’ dan dipimpin oleh Al-Mundzir bin Amir. Namun ketika tiba di sebuah wilayah yang bernama Bir Ma‘unah, rombongan tersebut dicegat oleh sekelompok Bani Sulaim, kemudian rombongan tadi dibantai.

Dalam kejadian yang naas itu, hanya ada satu sahabat selamat, lalu melaporkan pada baginda Nabi. Dalam satu riwayat menyebutkan sahabat adalah Amr bin Umayyah Al-Dhamri.

Adanya musibah yang menimpa kaum Muslimin, Nabi Muhammad SAW lalu berdo’a kepada Allah SWT yang kemudian do’a ini diberi nama dengan Qunut Nazilah.

tonton juga: Arti Taqwa Kepada Allah SWT | KH. Imam Yahya Mahrus

Teks do’a Qunut yang benar dan sesuai dengan sunnah

Ada beberapa riwayat yang menjelaskan bacaan do’a Qunut yang sesuai dengan sunnah yakni sebagaimana bacaan yang telah kita lantunkan setiap hari yaitu :

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ وَعَافَنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ.الخ

Namun bukan sebuah keharusan bagi umat Muslim untuk membaca do’a Qunut yang sesuai dengan apa yang telah diriwayatkan oleh para sahabat. Mari kita pahami goresan pena Imam An-Nawawi berikut :

وَهَلْ تَتَعَيَّنُ هَذِهِ الْكَلِمَاتُ فِيهِ وَجْهَانِ (الصَّحِيحُ) الْمَشْهُورُ الَّذِي قَطَعَ بِهِ الْجُمْهُورُ أَنَّهُ لَا تَتَعَيَّنُ بَلْ يَحْصُلُ بِكُلِّ دُعَاءٍ

“Apakah kalimat (do’a Qunut) hanya terbatas? Menurut pandangan mayoritas ulama bacaan tersebut (Qunut) tidak dibatasi dan cukup hanya dengan setiap ungkapan yang mengandung makna do’a”

Sehingga dengan penjelasan ini, dapat diambil benang merah bahwa bacaan do’a Qunut bisa terwakili dengan do’a-do’a biasa seperti do’a sehari-hari. Namun tentu saja harus diakui bacaan yang datang dari Nabi akan lebih baik dibandingkan dengan do’a yang lain. []

baca juga: Kapan Saja Disunahkan Membaca Qunut dalam Shalat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.