HomeAngkringKemuliaan yang Hanya Dimiliki Sayyidina Ali Ra.

Kemuliaan yang Hanya Dimiliki Sayyidina Ali Ra.

0 7 likes 232 views share

Diceritakan bahwa rumah sayyidina Ali RA, dihuni oleh lima orang, yakni Ali RA, Fatimah RA, Hasan RA, Husain RA, dan Harits RA. Suatu hari, mereka pernah belum makan selama tiga hari. Agar dapat membeli makanan, Fatimah RA memberikan sarung yang dimilikinya kepada Ali RA agar dia menjualnya.

Setelah Ali RA menjual sarung tersebut seharga 6 dirham, lantas ia mensedekahkan seluruh uang hasil penjualannya kapada orang-orang fakir. Dalam perjalanan pulang, ia bertemu malaikat Jibril AS yang menyamar menjadi seorang laki-laki yang membawa seekor unta.

Wahai Abu Hasan, belilah unta ini”, Jibril AS menawarkan untanya.

Aku tidak memiliki uang untuk membeli unta itu”, jawab Ali RA.

Dengan transaksi Nasi’ah (model transaksi jual beli yang mengakhirkan masa pembayaran)”, lanjut tawaran Jibril RA.

Berapa kau akan menjual untamu?”, tanya Ali RA.

Seratus Dirham”, jawab Jibril AS.

Akhirnya transaksi pun dilakukan. Kini unta tersebut berpindah tangan kepada Ali RA. Tak lama berselang, malaikat Mikail AS datang dengan menyamar sebagai orang Arab.

Apakah engkau akan menjual unta ini, Wahai Abu Hasan?”, tanya Mikail AS.

Iya”, jawab Ali RA singkat.

Berapa engkau akan menjualnya?”, lanjut Mikail AS.

Seratus dirham”, jawab Ali RA.

Aku akan membelinya dan memberikan keuntungan enam puluh dirham bagimu”, Mikail AS mengemukakan kesepakatannya.

Ali RA pun menjual unta tersebut kepada Mikail AS. Mikail AS menyerahkan uang 160 dirham sebagai harganya. Kemudian Ali RA berjalan menemui penjual yang menjual unta kepadanya, yakni Jibril AS.

Kau benar-benar telah menjual untanya, Abu Hasan?”, tanya Jibril AS.

Iya”, jawabnya singkat.

Kalau begitu, berikanlah hakku”, pinta Jibril AS.

Lantas, Ali Ra memberikan 100 dirham yang menjadi tanggungannya kepada sang penjual. Kini, ia memegang sisa 60 dirham yang akan dibawanya pulang. Sampai di rumah, ia memberikan uang tersebut kepada sang istri, Fatimah RA.

Dari manakah engkau mendapatkan uang ini?”, tanya Fatimah RA.

Baru saja saya berdagang atas bantuan Allah dengan modal enam dirham. Setiap satu dirham, Allah melipatgandakan menjadi sepuluh dirham”, jawab Ali RA.

Kemudian Ali RA datang menemui Rasulullah Saw dan menceritakan seluruh kejadian yang baru dialaminya tersebut. Mendengar cerita tersebut, Rasulullah Saw berkata kepadanya.

Wahai Ali, sesungguhnya yang menjual unta kepadamu adalah malaikat Jibril AS. Dan yang membelinya darimu adalah malaikat Mikail AS. Adapun unta tersebut adalah tunggangan Fatimah di hari kiamat kelak. Wahai Ali, engkau dianugerahi tiga perkara yang tidak pernah diberikan kepada selain dirimu, yakni memiliki istri yang kelak menjadi ratu bidadari di surga, memiliki dua orang putra yang kelak menjadi pimpinan pemuda surga, dan mertua yang menjadi pimpinan para Rasul. Bersyukurlah pada Allah atas apa yang telah diberikan kepadamu. Dan pujilah Dia atas apa yang telah dikuasakan kepadamu”.

[]waAllahu a’lam

______

Disarikan dari hikayat ke tiga puluh delapan, kitab An-Nawadir, karya syekh Ahmad Syihabuddin bin Salamah Al-Qulyubi, hlm 42-43, cet. Al-Haromain.